G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu

G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu

26 Jan 2022

G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu

Tahukah kamu jika salah satu cara untuk mencapai orgasme adalah dengan mengenali titik G-spot? Buat kamu yang masih bingung apa itu G-spot dan di mana sih  letak G-spot, baca artikel ini sampai tuntas ya, girls! 

Apa itu G-spot

G-spot

G-spot adalah salah satu bagian organ intim wanita yang jika disentuh bisa menimbulkan sensasi yang luar biasa. Saat pasangan suami-istri berhubungan seksual, G-spot bisa tersentuh pada saat proses penetrasi maupun fingering (memasukkan jari ke dalam vagina).

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa sih dinamakan G-spot? Nah, ternyata G-spot ini diidentifikasikan mulai 1940 oleh peneliti Jerman bernama Ernst Grafenberg. Sejak saat itu, titik ini disebut Grafenberg spot atau yang sekarang kita kenal dengan istilah G-spot. Nah, titik inilah yang bisa membuat wanita orgasme.

Bicara orgasme, ada beberapa tanda seorang wanita mengalami orgasme. Mulai dari aliran darah meningkat sehingga wajah tampak memerah, detak jantung meningkat, hingga frekuensi napas yang semakin cepat bahkan tampak terengah-engah. 

Selain itu, tanda lainnya yang bisa terjadi adalah puting payudara tampak mengeras, beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki berkontraksi, dan  terjadi gerakan refleks seperti mendesah, menjerit, atau mencengkeram.

Letak G-spot

G-spot

Kamu mungkin penasaran di mana sih letak G-spot? G-spot letaknya gak jauh dari lubang vagina. Kalau wanita terangsang, maka bagian tersebut menjadi agak menonjol, seperti membengkak. Nah, bagian ini lumayan peka terhadap rangsangan. Rangsangan pada bagian tersebut menyebabkan wanita menjadi lebih mudah mencapai orgasme. 

Tetapi gak semua wanita menyadari adanya bagian tersebut karena gak pernah mengalami rangsangan. Bahkan di kalangan para ahli pun, sampai saat ini masih terdapat perdebatan mengenai G-spot. 

Setelah tahu letak G-spot, buat kamu yang penasaran gimana sih cara menemukan G-spot? Nah, ini dia beberapa langkah mudah untuk menemukan G-spot

Pertama, mulai dengan santai dan perlahan jelajahi tubuh kamu. Kedua, sebelum memasukkan jari, pijat secara halus area lubang vagina. Ketiga, lalu masukkan jari dengan gerakan atas-bawah berulang kali. Keempat, lakukan dengan lembut, jangan ditekan agar lebih terasa. Kelima, ulangi gerakan dengan konsisten sehingga posisinya pas mendapatkan G-spot di tubuh kamu. 

Agar dapat menemukan G-spot dan mencapai orgasme, ada beberapa posisi yang disarankan agar hal tersebut terjadi dengan lebih mudah. Hal ini bisa kamu komunikasikan dengan pasangan ya. Misalnya, cobalah posisi spooning, yaitu miring dan menghadap arah yang sama dengan posisi pria di belakang wanita. Atau, kamu juga bisa melakukan posisi modified cowgirl, yaitu wanita duduk di atas pria yang telentang.

Titik lain selain G-spot

Selain G-spot, A-spot dan U-spot juga dikenal sebagai titik sensitif vagina yang jarang diperhatikan. A-spot adalah sepetak jaringan sensitif yang terletak di bagian paling belakang atau titik terdalam vagina, di sebelah serviks. Dengan memberikan tekanan pada area di sisi leher rahim yang paling dekat dengan kandung kemih yang dikenal sebagai forniks anterior, kamu bisa merangsang A-spot dalam hitungan detik.

Stimulasi juga bisa menyebabkan orgasme pada beberapa wanita. Gak seperti klitoris, kontraksi orgasmik (dalam keadaan orgsasme) ini gak menyebabkan sensitivitas pasca-orgasme. Artinya, seseorang mungkin bisa beberapa kali orgasme tanpa periode istirahat di antaranya.

Sedangkan titik sensitif yang lainnya adalah U-spot. U-spot adalah area penting lain yang mungkin lebih mudah ditemukan oleh beberapa wanita daripada A-spot. U-spot terletak di pembukaan vagina, tepat di atas dan di kedua sisi, dari lubang uretra (tempat kita buang air kecil).

U-spot sering disebut sebagai prostat wanita. U-spot menjadi titik sensitif vagina yang bisa menghasilkan sensasi erotis menyenangkan dan kuat ketika disentuh ringan. Selain itu, U-spot juga lebih mudah dilihat dan lebih mudah ditemukan daripada G-spot yang misterius.

Setelah mengenal titik sensitif wanita, hal terpenting yang kamu perlu perhatikan adalah untuk selalu menjaga kebersihan vagina. Misalnya, saat kamu sedang menstruasi pastikan gunakan produk pembalut andalan yang nyaman dan aman. 

Laurier Healthy Skin

Sebagai rekomendasi, kamu bisa menggunakan Laurier Healthy Skin. Pembalut ini memiliki inovasi 3D pori bergelombang yang mampu menyerap cairan seketika dan meningkatkan 80% sirkulasi udara sehingga pembalut tetap kering. Laurier Healthy Skin memang cocok jadi andalan untuk mencegah iritasi di area vagina karena bisa mencegah kelembapan. 

 

Related Articles

Adulthood
11 Sep 2019

Olahraga Memperparah Endometriosis?

Udah nggak aneh lagi kalau penderita endometriosis bakal mengeluhkan soal nyeri perut yang hebat. Ko...
Adulthood
04 Jun 2021

Lama Gak Menstruasi? Awas Amenorrhea! Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siklus menstruasi setiap orang memang berbeda-beda. Tapi ketika seorang wanita gak mengalami menstru...
Adulthood
04 Dec 2019

Bebas Nyeri Menstruasi dengan Minyak Zaitun

Kamu pasti udah tau banget kan, Girls, kalau nyeri menstruasi atau dikenal sebagai primary dysmenorr...