Flu atau Bukan ya?
ask dr laurier

Flu atau Bukan ya?

Flu atau Bukan ya?

16 Jul 2019

Flu atau Bukan ya?

Menjelang menstruasi, cukup banyak cewek yang mengeluh bahwa mereka jadi gampang sakit. Salah satunya adalah flu. Gejala yang dialami yaitu lemas, tubuh terasa gampang capek, sakit kepala, dan seluruh tubuh terasa nyeri. Benar nggak sih, kondisi ini terjadi karena tubuh melemah, sehingga nggak bisa menangkal serangan virus flu?

Berdasarkan fakta medis, serangan flu sering banget dialami dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Meriang
  • Batuk
  • Hidung berair
  • Gangguan perut

Kalau misalnya nggak semua gejala itu dialami, berarti bukan sakit flu? Jadi, itu apa dong?

Penyebab terjadinya gejala-gejala yang mirip flu pas menjelang menstruasi, dipicu sama adanya hormon prostaglandin. Hormon ini memang diproduksi tubuh beberapa saat menjelang menstruasi. Fungsi utama hormon ini adalah memicu kontraksi otot rahim supaya meluruhkan selaput dinding dalam rahim. Proses inilah yang membuat menstruasi bisa terjadi.

Sayangnya, prostaglandin nggak cuma bekerja di dalam rahim aja, tapi juga menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, sehingga memengaruhi organ-organ lain. Di usus, prostaglandin memicu kontraksi sampai terjadi kram perut bagian bawah, diare, mual, muntah, dan rasa ingin buang air besar. Sedangkan di seluruh otot dan sendi, prostaglandin bisa memicu nyeri. Intinya, hormon inilah yang menyebabkan periode menjelang menstruasi jadi nggak menyenangkan.

Tapi tenang aja, Girls! Kondisi ini gampang banget di

Related Articles
Adulthood
19 May 2021

Mengulik Fakta Berhubungan Seks Setelah Menstruasi. Tetap Bisa Hamil?

Seperti yang sudah kamu tahu, menstruasi adalah proses normal yang setiap bulannya dirasakan oleh ka...
Adulthood
09 Oct 2019

PMS Berat Bikin Tarik Urat

Kamu pasti udah paham banget tentang PMS kan, Girls? Biasanya PMS dialami seorang perempuan mulai da...
Adulthood
11 Nov 2014

Kayak Gimana Sih PMS yang Nggak Normal?

       PMS! Siapa sih yang nggak tau PMS? Tiap bulan kamu pasti merasakan yan...