3 Faktor Penyebab Keputihanmu Jadi Nggak Normal!
ask dr laurier

3 Faktor Penyebab Keputihanmu Jadi Nggak Normal!

3 Faktor Penyebab Keputihanmu Jadi Nggak Normal!

25 Jan 2020

3 Faktor Penyebab Keputihanmu Jadi Nggak Normal!

Kamu pasti pernah mengalami keputihan kan, Girls? Nggak usah panik, keputihan memang proses alamiah yang terjadi pada setiap perempuan kok. Keputihan atau vaginal discharge adalah cairan atau lendir yang keluar dari vagina dengan membawa keluar sel-sel mati dan kuman dari dalam tubuhmu. Hal ini berguna untuk menjaga vaginamu supaya tetap bersih, dan nggak kena iritasi atau infeksi.

Keputihan bisa terjadi karena organisme (bakteri dan jamur) baik dan organisme jahat yang ada pada vaginamu lagi nggak seimbang. Walaupun keputihan termasuk wajar dialami sama setiap perempuan, tapi ternyata ada kondisi di mana keputihan bisa disebut nggak normal lho. Memang apa bedanya sih, keputihan yang normal dan nggak normal?

Keputihan yang normal seharusnya nggak berwarna (putih cenderung bening), nggak berbau, nggak bikin terasa gatal, jumlahnya nggak banyak, dan nggak menggumpal. Sedangkan, keputihan yang nggak normal itu cairannya berwarna kuning atau hijau, menyebabkan gatal pada area vagina, berbau amis atau busuk, dan menggumpal seperti nasi basi.

Kalau kamu mengalami keputihan yang nggak normal, sebaiknya kamu waspada ya, Girls! Karena itu merupakan tanda adanya penyakit pada vaginamu. Hiii….serem kan? Kondisi ini sebenarnya bisa disebabkan oleh tiga faktor, yaitu:

  • Kelembapan

Kalau kamu nggak mengeringkan area vaginamu dengan benar setelah mandi ataupun buang air, justru itu bisa menyebabkan kelembapan. Area vagina yang lembap bisa memicu terjadinya iritasi dan infeksi lho, Girls.

  • Kebersihan

Kamu harus selalu rajin membersihkan area vaginamu ya! Lakukan sebelum ganti pembalut, sehabis buang air, dan saat mandi. Nggak cuma itu aja, kamu juga harus selalu mencuci tangan sebelum membersihkan area vaginamu, supaya tanganmu terbebas dari segala jenis bakteri dan kuman.

Sebenarnya vagina punya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri lho, Girls, makanya kamu cukup membersihkannya dengan air mengalir aja, tanpa perlu memakai cairan pembersih. Tapi, kamu tetap harus membersihkan area sekitar vagina dengan sabun ya!

  • Keasaman

Kamu tau nggak sih, kenapa banyak produk yang jual sabun khusus daerah kewanitaan? Ternyata sabun khusus ini memang berguna untuk membersihkan sekaligus menyeimbangkan tingkat keasaman pada vaginamu lho. Karena vagina itu sebenarnya nggak boleh dibersihkan pakai sembarang sabun, Girls! Kamu harus memakai sabun ber-pH yang sesuai sama vaginamu, yaitu pH 3,5.

Keputihan yang nggak normal sebenarnya juga bisa diatasi kok, Girls. Kamu tinggal lakukan cara-cara berikut ini, supaya keputihanmu nggak semakin parah!

  • Pakai undies berbahan katun, supaya bisa menyerap keringat di area vagina dengan baik
  • Ganti pembalut setiap empat jam sekali saat menstruasi untuk menghindari terjadinya iritasi dan infeksi
  • Keringkan area vagina dengan benar tiap sehabis buang air, ganti pembalut, dan mandi supaya nggak lembap
  • Pakai sabun ber-pH yang sesuai sama vagina (pH 3,5) sebanyak dua sampai tiga kali seminggu

Nah, sekarang kamu udah tau kan, faktor apa aja yang bisa bikin keputihanmu jadi nggak normal? Kalau kamu merasa keputihanmu mulai menunjukkan ciri-ciri yang nggak wajar, sebaiknya langsung atasi dengan cara-cara di atas supaya nggak bertambah parah dan memicu penyakit pada vaginamu. Makanya, selalu rajin merawat kebersihan dan kesehatan area vaginamu ya, Girls!

Jangan lupa share info ini ke group chat teman-teman cewekmu ya, supaya mereka tau pentingnya merawat kebersihan dan kesehatan miss V-nya!

Related Articles
Adulthood
24 Jun 2019

Kok, Perutku Terasa Kembung ya?

Girls, saat menjelang dan selama menstruasi, kamu sering merasa masuk angin nggak? Ternyata sensasi ...
Adulthood
16 Jul 2019

Flu atau Bukan ya?

Menjelang menstruasi, cukup banyak cewek yang mengeluh bahwa mereka jadi gampang sakit. Salah satuny...
Adulthood
04 Dec 2019

Cara Praktis Atasi Telat Menstruasi

Kamu pasti panik kan, Girls, kalau tiba-tiba menstruasimu telat atau nggak dateng sama sekali? Kira-...