ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Duh...Tiba-tiba Menstruasi!

Duh...Tiba-tiba Menstruasi!

08 Jul 2019

Duh...Tiba-tiba Menstruasi!

Kamu tau nggak, Girls, ternyata di tahun-tahun pertama mengalami menstruasi, biasanya tubuh masih melakukan penyesuaian, jadi menstruasi mungkin bakal nggak teratur. Kadang bisa terjadi kapan aja, nggak lihat-lihat situasi. Nah, hal ini kadang bikin cewek jadi bingung apa yang harus dilakukan kalau mengalami menstruasi yang tiba-tiba ini.

 “Gimana kalau terjadi pas lagi di sekolah?” Kalau kamu tiba-tiba menstruasi pas lagi di sekolah, jangan panik, Girls! Kamu bisa bilang sama guru atau penjaga di UKS supaya kamu mendapatkan pembalut. Atau kamu juga bisa minta bantuan sama teman yang bawa pembalut cadangan. Kalau hal ini udah pernah kamu alami sekali, sebaiknya kamu selalu membawa cadangan pembalut di tasmu ya!

“Gimana kalau nggak ada pembalut?” Dalam keadaaan emergency, kalau nggak ada pembalut di ruang UKS atau nggak ada teman yang punya, kamu bisa memakai tisu kok. Lipat beberapa lapis tisu supaya darah menstruasimu bisa terserap. Biasanya di awal-awal menstruasi, darah nggak bakal keluar terlalu banyak, jadi lipatan tisu masih cukup untuk menyerap darah menstruasimu. Tapi, jangan lupa untuk memeriksanya setiap 1 jam sekali, karena bagaimana pun juga daya serap tisu nggak bakal optimal seperti pembalut. Kamu juga harus langsung menggantinya kalau udah mendapatkan pembalut ya, Girls!

Sekarang semua pertanyaan yang bikin kamu bingung kalau mengalami menstruasi yang tiba-tiba udah terjawab kan, Girls? Ingat ya, kuncinya itu jangan panik! Jangan lupa juga untuk selalu bawa pembalut kemana pun kamu pergi ya!

Kamu pernah mengalami kejadian ini? Coba ceritakan di kolom komentar yuk! Share juga artikel ini ke teman-teman cewekmu ya, supaya mereka nggak bakal panik kalau hal ini tiba-tiba terjadi.

Related Articles

Adulthood
30 Mar 2022

Risiko Melakukan Oral Seks yang Wajib Diketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang masih banyak yang melakukan oral seks sebelum melakukan h...
Adulthood
27 Sep 2019

Zat Besi Bantu Atasi PMS

Kamu tau nggak, Girls, ternyata para ahli kesehatan udah lama menyebutkan kalau konsumsi mineral-min...
Adulthood
22 Oct 2019

Waspada, Infeksi HPV Bisa Menjadi Kanker Serviks!

Selama ini, para ahli kesehatan meyakini bahwa infeksi HPV (Human Papillomavirus) adalah pemicu 99% ...