ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Duh, Nyeri Punggung!

Duh, Nyeri Punggung!

08 Aug 2019

Duh, Nyeri Punggung!

Kamu pernah mengalami nyeri punggung saat menstruasi nggak, Girls? Duh, pasti bikin nggak nyaman banget deh! Nyeri punggung saat menstruasi itu emang umum banget dialami sama para cewek. Hal ini terjadi karena ketegangan otot perut yang lagi berkontraksi untuk mengeluarkan darah dari dalam rahim, istilah medisnya dikenal sebagai dysmenorrhea. Proses kontraksi itu nggak cuma otot perut aja yang dibikin tegang, tapi otot lain seperti otot punggung, pinggang, panggul sampai paha atas juga ikut tegang. Kondisi nyeri otot punggung saat menstruasi bukan hal yang serius kok, karena pasti bakalan hilang setelah beberapa hari.

Nyeri otot di bagian punggung ini disebabkan karena peningkatan hormon prostaglandin menjelang menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatan hormon ini relatif tinggi jadi bisa menyebabkan otot tubuh yang lain ikut berkontraksi, termasuk otot punggung bagian bawah.

Sebenarnya, untuk meredakan nyeri punggung saat menstruasi, kamu nggak perlu minum obat lho! Kamu cukup bersantai dan biarkan tubuhmu untuk mengatasinya secara alami. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air yang cukup supaya nggak dehidrasi, dan stretching supaya otot-otot menjadi relaks. Kalau kamu tenang saat menghadapi kondisi ini, maka tubuhmu juga bakal lebih mudah melakukan penyesuaian, sehingga rasa nyeri bisa hilang.

Nah, sekarang kamu tau kan, ternyata nyeri punggung pas menstruasi itu hal yang wajar, karena berasal dari kontraksi yang terjadi saat darah dikeluarkan dari dalam rahim. Jangan lupa perbanyak minum air putih dan rajin lakukan stretching, supaya nyeri punggungmu cepat hilang ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka bisa mengatasi nyeri punggungnya saat menstruasi!

Related Articles

Adulthood
13 Oct 2013

Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!

     Setelah berita meninggalnya public figure Indonesia karena penyakit kanker servi...
Adulthood
20 Oct 2019

Ugh, Nggak Teratur!

Siklus menstruasimu pernah nggak teratur, Girls? Eits, jangan panik dulu! Percaya atau nggak, ternya...
Adulthood
09 Jun 2021

5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Perlu Kamu Tahu

Hai girls, pernah gak sih kamu mengalami gangguan menstruasi? Selain mengganggu aktivitas sehari-har...