Diet Keto Rusak Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Diet Keto Rusak Siklus Menstruasi

Diet Keto Rusak Siklus Menstruasi

15 Apr 2020

Diet Keto Rusak Siklus Menstruasi

Kamu pasti pernah dengar tentang diet keto kan, Girls? Yup! Diet ini memang pernah terkenal di kalangan perempuan, bahkan mungkin sampai saat ini masih ada yang melakukannya. Hmm…kamu pernah coba melakukannya nggak, Girls? Ternyata program diet ini bisa mengganggu siklus menstruasimu lho!

Menurut ginekolog di Northwestern Memorial Hospital, Amerika Serikat, Angela Chaudhari, M.D., diet keto bisa memengaruhi siklus menstruasi seorang perempuan karena penurunan berat badan yang begitu drastis. Beliau juga menjelaskan bahwa penurunan berat badan ini bisa mengubah keseimbangan hormon estrogen dan progesteron serta memengaruhi ovulasi, sehingga menyebabkan siklus menstruasimu jadi semakin nggak teratur.

Parahnya, siklus menstruasimu juga bisa berhenti sama sekali akibat dari diet keto ini, Girls. Duh, serem kan? Menurut Chaudhari, seorang perempuan yang menurunkan berat badan dengan cepat atau jadi terlalu kurus bisa mengalami amenore, yang artinya nggak ada siklus menstruasi karena anovulasi atau kurangnya ovulasi.

Tapi walaupun begitu, diet keto bisa bermanfaat untuk perempuan yang mengidap penyakit PCOS. Seorang ahli endokrin di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, Ula Abed Alwahab, MD, menjelaskan bahwa terdapat data yang muncul kalau pasien pengidap PCOS yang biasanya punya masalah dengan kesuburan bisa dibantu dengan diet keto untuk memulihkan kembali periode reguler dan membuat pasien lebih cepat merespon terhadap perawatan kesuburan.

“Penurunan berat badan sangat dianjurkan untuk setiap perempuan pengidap PCOS. Diet keto bisa menjadi salah satu cara untuk membantu pasien mencapai target penurunan berat badan,” kata Chaudhari. Beliau pun menyatakan bahwa perempuan dengan BMI (Body Mass Index) yang lebih sehat, maka akan cenderung berovulasi secara teratur menuju siklus yang jauh lebih teratur juga.

So, kalau kamu nggak mengidap PCOS, sebaiknya jangan pernah mencoba untuk melakukan diet ini ya, Girls! Sebenarnya menjaga berat badan tetap stabil dengan melakukan diet itu nggak salah kok, asalkan kamu berkonsultasi terlebih dulu ke dokter supaya nggak membahayakan kesehatanmu nantinya. Jangan lupa untuk selalu jaga pola makanmu dengan baik, biar siklus menstruasimu tetap teratur!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau tentang info penting ini, Girls!

Related Articles

Adulthood
26 Aug 2019

Lawan Kram Menstruasimu!

Kamu tau nggak, Girls, data WHO menyatakan kalau ¾ perempuan ternyata mengalami kram saat men...
Adulthood
02 Dec 2019

Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS

Siapa bilang cuma makhluk hidup aja yang punya keluarga? Ternyata vitamin juga punya keluarganya sen...
Adulthood
18 Aug 2022

Adakah Hubungan antara Sakit saat Menstruasi dengan Kesuburan?

Kram perut merupakan hal umum yang dirasakan oleh perempuan saat sedang masa menstruasi. Tingkatan r...