Darah Menstruasiku Kenapa Berubah-ubah?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Darah Menstruasiku Kenapa Berubah-ubah?

Darah Menstruasiku Kenapa Berubah-ubah?

05 Dec 2019

Darah Menstruasiku Kenapa Berubah-ubah?

Dari pertama kali menstruasi, pasti kamu cenderung mengalami kondisi yang berbeda-beda kan, Girls? Hal ini pasti bikin kamu jadi bingung, dan bertanya-tanya. Betul nggak? Nah, supaya kamu nggak bingung lagi, berikut ini adalah 4 kondisi yang paling sering dialami perempuan setiap menstruasi!

  • Warna darah menstruasi berbeda

Darah yang langsung keluar dari rahim, biasanya berwarna lebih cerah. Sedangkan darah yang tertahan lebih lama di dalam saluran vagina, karena menempel pada dinding saluran vagina, terlihat lebih gelap. Makanya, warna darah menstruasimu kadang terlihat merah atau kadang kecokelatan.

  • Darah menstruasi mengalir deras

Kalau kamu berpikir darah menstruasi yang tiba-tiba mengalir deras itu pertanda suatu penyakit, maka kamu salah nih, Girls! Kondisi ini belum tentu menandakan adanya penyakit pada tubuhmu kok. Hal ini bisa aja terjadi karena tubuhmu lagi nggak fit, atau karena perubahan pola hidup, seperti kecapekan, kurang tidur malam, atau stres.

  • Bercak-bercak sebelum menstruasi

Sebelum otot perut berkontraksi sangat intens dan mendorong seluruh darah menstruasi keluar dari rahim, sebenarnya udah terjadi kontraksi otot perut yang mendorong sedikit darah keluar. Sehingga saat sampai di luar tubuh, terlihat sebagai bercak-bercak darah. Hal ini sangat mungkin dialami saat kadar hormon estrogen di dalam tubuhmu turun, dan biasanya terjadi pada masa subur. Kondisi ini wajar banget kok, Girls. Tapi, kalau menimbulkan kecemasan karena disertai gangguan kesehatan lain, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ya!

  • Gumpalan darah saat menstruasi

Kondisi ini wajar banget kok, Girls. Saat seorang perempuan mengalami menstruasi, bukan cuma darah aja yang dikeluarkan, tapi juga selaput dinding dalam rahim dari siklus reproduksi yang lama dibersihkan. Zat inilah yang sering banget nggak hancur saat keluar melalui saluran vagina, sehingga terlihat seperti gumpalan atau jelly yang berwarna kecokelatan sampai kehitaman.

So, kalau kamu mengalami hal-hal seperti di atas, jangan panik lagi ya, Girls! Tapi, kalau ada masalah lain yang belum terjawab, langsung aja tanyakan pada dr. Laurier ya! Be aware and stay healthy, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu yang lain yuk, supaya mereka nggak panik lagi sama kondisi darah menstruasinya yang terus berubah!

Related Articles

Adulthood
01 Jul 2019

Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?

Girls, kamu tau nggak sih, kebanyakan cewek mengalami 11 – 13 kali menstruasi dalam setahun. T...
Adulthood
14 Aug 2014

Kok Darah Menstruasiku Menggumpal… Kenapa ya?

Saat menstruasi, mungkin kamu suka bertanya-tanya, kenapa darah menstruasiku menggumpal ya? Terus ka...
Adulthood
14 Jun 2019

Atur Asupanmu Untuk Mengurangi Gejala Endometriosis

Kamu pernah dengar tentang endometriosis nggak, Girls? Endometriosis adalah penyakit di mana adanya ...