ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Darah Menstruasiku Hitam, Normal Nggak sih?

Darah Menstruasiku Hitam, Normal Nggak sih?

01 Feb 2020

Darah Menstruasiku Hitam, Normal Nggak sih?

Girls, saat menstruasi, normalnya darah yang keluar akan berwarna merah terang atau gelap, iya kan? Tapi, bagaimana kalau darah yang keluar justru berwarna hitam pekat? Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, jangan panik dulu ya, Girls, karena darah menstruasi memang terkadang berwarna coklat gelap bahkan hampir hitam. Darah menstruasi berwarna coklat kehitaman ini biasanya masih termasuk kondisi yang normal kok. Hmm….kira-kira penyebabnya apa sih?

Selama kamu mengalami siklus menstruasimu, warna dan konsistensi darah yang dikeluarkan bisa berubah-ubah lho, Girls. Kalau darah menstruasi hitam yang keluar sebelum menstruasi, terjadi akibat pengeluaran jaringan endometrium atau darah menstruasi dari periode sebelumnya yang belum tuntas dikeluarkan semua. Sedangkan, warna darah hitam yang keluar diakhir-akhir masa menstruasimu, terjadi akibat darah menstruasi tertinggal dalam rahim cukup lama, sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Keluarnya darah menstruasi hitam ini, artinya tubuhmu berusaha membersihkan diri, Girls!

Nah, biasanya kondisi ini dialami oleh para remaja yang baru menstruasi pertama kali, wanita yang memakai alat kontrasepsi, dan wanita yang usianya mendekati masa menopause juga bisa mengalami darah menstruasi hitam di tengah siklus menstruasinya.

Tapi, bisa aja ada beberapa masalah kesehatan yang terjadi pada tubuhmu, yang mungkin menyebabkan perubahan warna pada darah menstruasimu, seperti keguguran, infeksi, penyakit radang panggul dan aliran darah menstruasi dari rahim ke vagina terhalang atau yang biasa disebut menopause. Tapi, kamu juga harus tetap waspada, kalau kamu mengalami gejala seperti di bawah ini, Girls!

  • Selalu terjadi setiap kali menstruasi
  • Selalu keluar flek hitam setelah berhubungan seks
  • Siklus menstruasi berlangsung lama, 2-4 minggu dengan darah yang menggumpal
  • Darah berbau busuk
  • Gatal di vagina yang bisa menjadi indikasi adanya infeksi
  • Keluar darah hitam di usia 40 tahun lebih
  • Darah hitam muncul setelah memasang KB IUD

Sekarang kamu udah tau kan, Girls? Kalau kamu mengalami gejala seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk pemerikasaan lebih lanjut. Supaya siklus menstruasimu tetap normal dan nggak terjadi perubahan warna pada darah menstruasimu, sebaiknya jaga pola makan serta hindari makanan yang bisa memicu perubahan hormon. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, olahraga secara teratur supaya terhindar dari stres dan jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu dengan banyak minum air putih. Keep healthy, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga mengetahui info tentang darah menstruasi yang hitam dan mewaspadainya gejalanya!

Related Articles

Adulthood
23 Jul 2019

Trik Menjaga Kebersihan Celana Dalam

Girls, celana dalam yang bersih dan nyaman adalah hal penting bagi para cewek, apalagi pas menstruas...
Adulthood
04 Dec 2019

Bebas Nyeri Menstruasi dengan Minyak Zaitun

Kamu pasti udah tau banget kan, Girls, kalau nyeri menstruasi atau dikenal sebagai primary dysmenorr...
Adulthood
16 Jul 2019

Berani Bilang “Tidak” untuk Kekerasan Seksual!

Girls, kamu harus hati-hati ya, karena berita tentang kekerasan seksual belakangan ini mulai meningk...