Cokelat Nikmat, Banyak Manfaat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cokelat Nikmat, Banyak Manfaat

Cokelat Nikmat, Banyak Manfaat

30 Sep 2019

Cokelat Nikmat, Banyak Manfaat

Kamu pasti suka banget sama yang namanya “cokelat” kan, Girls? Kalau begitu, pasti kamu tau dong, apa itu dark chocolate? Yup! Dark chocolate atau dikenal sebagai “cokelat asli” adalah sebutan untuk cokelat yang punya konsentrasi cocoa relatif tinggi karena nggak ada tambahan unsur lain, seperti susu yang biasanya dipakai saat mengolah cokelat. Kepekatan dark chocolate inilah yang membuatnya dikategorikan sebagai superfood, karena mengandung banyak manfaat.

Para ahli nutrisi sebenarnya udah lama menyarankan supaya dark chocolate dikonsumsi secara rutin. Penelitian terbaru yang telah dilakukan oleh para peneliti dari Loma Linda University, menyatakan bahwa selain membuat seseorang merasa lebih relaks, konsumsi dark chocolate secara teratur juga bisa membuat seorang perempuan jadi lebih nyaman menjelang menstruasi, karena terhindar dari gangguan PMS.

Dr. Lee S. Berk yang memimpin penelitian tersebut menjelaskan bahwa mengonsumsi cokelat dengan kepekatan tinggi, minimal 70%, akan membantu mengurangi kram dan PMS yang biasa dialami perempuan menjelang menstruasi. Hal ini disebabkan karena cokelat mengandung magnesium yang bisa membantu merelaksasi otot, sehingga mengurangi kram dan meningkatkan energi. Nggak cuma itu aja, cokelat juga mengandung endorfin yang bisa berpengaruh aktif untuk memperbaiki mood-mu.

Cokelat diketahui juga mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan, antara lain, membantu meningkatkan memori, memperbaiki kondisi kekebalan tubuh dan menghilangkan stres. Hal ini disebabkan karena komponen nutrisi di dalam dark chocolate bisa mengaktifkan T-Cell, sejenis gen di dalam sel dendritik yang berfungsi menyampaikan pesan dari satu saraf ke saraf lainnya.

Berdasarkan hasil peneltian ini, semakin pekat kadar cokelat yang dikonsumsi akan semakin baik juga dampaknya bagi tubuh. Seperti, otak bekerja lebih cepat, daya ingat meningkat, mood lebih stabil, dan fungsi kekebalan tubuh bekerja lebih optimal. Nggak cuma itu, ternyata dark chocolate juga bisa mencegah terjadinya penurunan kesehatan atau sistem tubuh, menekan kadar gula darah seorang pengidap diabetes, dan memperbaiki kesehatan jantung karena mengandung antioksidan yang relatif tinggi.

Wah, ternyata manfaat dark chocolate banyak banget ya, Girls! Nggak cuma untuk mengatasi gangguan menjelang menstruasi aja, tapi dark chocolate juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. So, tunggu apa lagi? Yuk, rajin konsumsi dark chocolate mulai dari sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, supaya mereka tau banyaknya manfaat dari dark chocolate!

Related Articles

Adulthood
29 Jun 2019

Vitamin D Bisa Membantu Penderita PCOS Untuk Hamil

Girls, kamu pasti udah tau tentang PCOS, kan? Ternyata vitamin D mungkin berperan penting untuk memb...
Adulthood
28 Mar 2019

Mempersiapkan Pap Smear

Sekalipun bukan lagi satu-satunya tes untuk memastikan kondisi kesehatan serviks, tetapi pap smear a...
Adulthood
29 May 2019

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

Untuk kebanyakan orang, konsultasi ke Ginekolog (dokter ahli kandungan) cuma dilakukan buat memeriks...