Cobain Spa Vagina yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cobain Spa Vagina yuk!

Cobain Spa Vagina yuk!

22 Oct 2019

Cobain Spa Vagina yuk!

Kamu pernah dengar tentang spa vagina nggak, Girls? Selama ini, pasti kamu taunya kalau spa cuma untuk relaksasi tubuh supaya rasa penat dan stres karena aktivitas sehari-hari jadi hilang. Iya kan? Spa vagina punya manfaat untuk menangkis bibit-bibit penyakit yang suka berada di daerah lembap, seperti lipatan paha dan vagina.

Kalau nggak dirawat dengan benar, vagina bisa menjadi tempat yang baik untuk berkembang biaknya bakteri. Tapi sayangnya, banyak perempuan yang masih menganggap bahwa merawat vagina cuma perlu dilakukan sama perempuan yang udah melahirkan. Padahal kesehatan vaginamu nantinya akan tergantung sama bagaimana caramu merawatnya hari ini.

Salah satu perawatan yang harus dilakukan di spa vagina adalah pencucian vagina (douching) dengan cara yang benar dan menggunakan ramuan yang aman. Ramuan dibuat dari racikan tumbuh-tumbuhan yang nggak mengandung bahan kimia. Perawatan ini bertujuan untuk mencegah pengembangbiakan bakteri atau jamur pada vagina, sehingga terjaga kesehatannya.

Langkah pertama yang dilakukan adalah pengompresan tubuh menggunakan handuk hangat supaya peredaran darah jadi lancar. Setelah itu, seluruh tubuh di-scrubing dengan bahan-bahan khusus. Lalu diberi masker dan dipijat. Setelah itu barulah pengasapan terhadap vagina dilakukan.

Vagina diasap dengan bahan-bahan dari rempah-rempah yang dibakar dalam sebuah tungku kecil. Spa vagina sangat dianjurkan untuk perempuan yang baru aja melahirkan atau setelah menstruasi. Supaya hasilnya maksimal, perempuan disarankan untuk melakukan spa vagina secara rutin sebulan sekali. Perawatan ini terbukti bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah, yaitu:

  • Keputihan
  • Mengharumkan vagina
  • Mengurangi cairan vagina yang berlebih saat berhubungan intim
  • Aroma yang nggak sedap setelah menstruasi
  • Menghilangkan jamur-jamur yang menimbulkan gatal di sekitar vagina
  • Otot vagina yang kendor setelah melahirkan
  • Infeksi ringan di sekitar vagina
  • Kejang otot saat berhubungan intim

Walaupun spa vagina mempunyai banyak manfaat, tapi ada beberapa masalah juga yang nggak bisa diatasi dengan perawatan ini, di antaranya:

  • Lepuhan, ruam dan peradangan di sekitar liang vagina atau vulva
  • Gangguan panggul, seperti infeksi, tumor, abnormalitas serviks atau uterus, dan robeknya ikatan sendi tulang di sekitar uterus
  • Kanker Rahim atau ovarium
  • Infeksi virus HIV
  • Penularan penyakit menular seksual, seperti kencing nanah, koreng pada organ intim, dan lain-lain
  • Gangguan pada vagina, seperti bekas luka akibat operasi, penipisan dinding vagina (karena proses penuaan ataupun kekurangan estrogen), dan iritasi akibat zat kimia yang terdapat dalam alat KB
  • Infeksi vagina (mucositis vaginalis)

Nah, sekarang kamu jadi tau kan, kalau spa vagina ternyata bermanfaat banget untuk menjaga kesehatan vagina? Ingat ya, merawat vagina bukan cuma untuk perempuan yang abis melahirkan aja lho, Girls! Tapi, semua perempuan wajib merawat kesehatan vaginanya, apalagi setelah kamu menstruasi. Yuk, rajin lakukan spa vagina mulai dari sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau manfaat dan pentingnya spa vagina!

Related Articles

Adulthood
24 May 2019

PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho

Kalau deket-deket waktu menstruasi, pasti kamu sering ngerasa kembung, kecapekan, terus emosi juga j...
Adulthood
16 Oct 2019

Menstruasi Nggak Bikin Rugi

Pas lagi menstruasi, biasanya perempuan mengaku mengalami gangguan berpikir, seperti gampang lupa da...
Adulthood
29 May 2019

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

Untuk kebanyakan orang, konsultasi ke Ginekolog (dokter ahli kandungan) cuma dilakukan buat memeriks...