Cerita Pendek Tentang Keputihan
ask dr laurier

Cerita Pendek Tentang Keputihan

Cerita Pendek Tentang Keputihan

04 Oct 2019

Cerita Pendek Tentang Keputihan

Kamu pasti sering dengar kata “keputihan” kan, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, keputihan itu apa? Keputihan adalah cairan dari hasil produksi kelenjar mukosa (kelenjar lendir) vagina, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH di area vagina supaya nggak terjadi infeksi di dalam saluran vagina. Keputihan juga biasa disebut cairan vagina dalam istilah medis. Keputihan yang normal adalah salah satu pertanda kalau kesehatan vaginamu itu baik. Kalau kondisi vaginamu sehat, maka udah pasti secara otomatis terjaga kebersihannya.

Keputihan yang normal itu nggak berbau, bening seperti putih telur, atau bernoda kalau terkena celana dalam. Tapi, kadang cairan vagina juga bisa berubah jadi lebih lengket dan berwarna putih keruh seperti susu, kalau kamu mengalami kondisi seperti di bawah ini, Girls:

  • Mendekati siklus menstruasi
  • Lagi stres dan capek
  • Melakukan diet tertentu
  • Masa subur
  • Terangsang
  • Hamil
  • Menyusui

Keputihan bisa berubah jadi nggak normal kalau terjadi infeksi di saluran vaginamu. Infeksi ini bisa disebabkan sama bakteri, virus atau jamur. Nah, supaya kamu bisa lebih waspada, berikut ini beberapa gejala keputihan yang nggak normal:

  • Berwarna kekuningan, kehijauan atau kecokelatan
  • Produksi cairan sangat banyak, bahkan berlebih
  • Memicu rasa gatal pada kulit di area vagina
  • Beraroma menusuk

Kalau keputihanmu disertai gejala seperti ini, maka sebaiknya langsung periksakan kondisimu ke dokter ya, Girls! Jangan coba-coba untuk mengobatinya sendiri, karena langkah yang tepat adalah memastikan lebih dulu penyebab infeksinya. Sedangkan, dokterlah yang bisa menentukan obat untuk menyembuhkan infeksi tersebut, karena setiap penyebab infeksi cuma bisa dituntaskan oleh antinya masing-masing.

So, mulai sekarang kamu nggak perlu panik kalau mengalami keputihan ya! Lebih baik pastikan dulu, apakah keputihanmu normal atau nggak. Kalau ternyata keputihanmu nggak normal, jangan ragu-ragu untuk pergi ke dokter, supaya bisa langsung ditangani dengan tepat. Be aware, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka lebih banyak tau tentang keputihan!

Related Articles
Adulthood
20 Jul 2019

Menstruasi Dua Kali Sebulan, Bahaya Nggak ya?

Menstruasi biasanya dialami seorang cewek sekali setiap siklusnya. Rata-rata siklus menstruasi adala...
Adulthood
21 Jun 2019

7 Panduan Makanan yang Bikin Organ Reproduksi Kamu Jadi Sehat!

Girls, ternyata para peneliti di Inggris bilang kalau kadar hormon dalam tubuh seorang perempuan san...
Adulthood
16 Dec 2021

Bolehkah Aborsi karena Alasan Medis?

Tahukah kamu setiap tahun ada sekitar 56 juta kasus aborsi di seluruh dunia? Nah, kamu mungkin berta...