Cara Simple Supaya Tetap Bersih Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Simple Supaya Tetap Bersih Saat Menstruasi

Cara Simple Supaya Tetap Bersih Saat Menstruasi

18 Jul 2019

Cara Simple Supaya Tetap Bersih Saat Menstruasi

Cewek itu emang perlu banget pembalut yang daya serapnya tinggi dan permukaannya halus, supaya nggak lembap, lecet dan tembus. Setuju nggak, Girls? Pembalut yang bermutu kayak gitu, penting banget kamu jadikan teman selama menstruasi. Biar kamu tetap pede dan nyaman pas beraktivitas!

Tapi, sebenarnya nggak cuma pembalut andalan aja lho, yang kamu butuhkan supaya nyaman pas lagi menstruasi. Secara nggak sadar, caramu menjaga kebersihan selama menstruasi juga menjadi hal yang bisa bikin kamu nyaman, Girls! Nggak ribet kok, karena sebagian besar pasti udah kamu lakukan. Apa aja ya, langkah-langkahnya?

  • Mandi. Jangan pernah melewatkan mandi pagi dan sore. Pas lagi menstruasi, mandi adalah proses utama untuk memastikan kebersihan area vaginamu lho, Girls!
  • Ganti underwear. Gunakan pakaian dalam yang bersih setiap kali habis mandi, karena hal ini bisa membuatmu merasa lebih segar.
  • Pakai deodorant. Saat menstruasi, tubuh bakal memproduksi lebih banyak hormon estrogen. Hormon ini memicu produksi keringat dan minyak tubuh jadi lebih banyak daripada biasanya. Hal inilah yang menyebabkan tubuh cenderung beraroma nggak sedap pas menstruasi. Kamu bisa memakai deodorant atau antirespirant setiap kali habis mandi, supaya nggak mengalami kondisi ini.
  • Bersihkan bagian kulit tertentu. Setelah BAK atau BAB, jangan lupa selalu bersihkan bagian kulit yang menempel pada permukaan toilet untuk mencegah risiko infeksi bakteri. Beda dari biasanya, kulit di sekitar area vagina cenderung lebih lembap saat menstruasi, jadi risiko infeksi bakteri juga bakal lebih tinggi.
  • Cuci tangan. Sebelum dan setelah mengganti pembalut, biasakan cuci tangan pakai sabun dan bilas dengan air bersih ya, Girls!
  • Ganti setiap 3 – 4 jam. Kamu harus rajin mengganti pembalut supaya nggak terlalu lembap dan menampung terlalu banyak darah menstruasi. Satu hal lagi yang penting adalah untuk mencegah terciumnya aroma nggak sedap dari darah menstruasimu.
  • Bungkus rapi. Bungkus rapat-rapat pembalut yang baru aja kamu ganti dengan menggunakan kertas. Ingat! Jangan buang pembalut ke dalam toilet, tapi masukkan ke dalam tempat sampah ya! Karena kandungan plastik antibocor pada pembalut bisa menyumbat saluran toilet.

Gimana, Girls? Simple banget kan, menjaga kebersihan pas menstruasi? Kalau kamu udah melakukan beberapa cara di atas, mulai sekarang kamu harus melakukan semuanya dan lebih rajin lagi, supaya area vaginamu tetap bersih dan sehat selama menstruasi!

Dari ketujuh cara di atas, mana aja yang paling sering kamu lakukan pas lagi menstruasi? Ceritakan di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, supaya mereka lebih rajin lagi menjaga kebersihannya pas menstruasi!

Related Articles

Adulthood
23 Sep 2019

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

Fyi nih, Girls, kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi ternyata bisa memengaruhi...
Adulthood
30 Oct 2019

Pakai Pantyliner Tiap Hari, Boleh kok!

Kamu pernah dengar kabar kalau pantyliner nggak boleh dipakai setiap hari karena akan menyebabkan ga...
Adulthood
28 Oct 2019

Rahasia Darah Menstruasi

Darah menstruasimu pernah terlihat banyak, berwarna kehitaman dan menggumpal? Pasti kamu kaget melih...