ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Praktis Atasi Telat Menstruasi

Cara Praktis Atasi Telat Menstruasi

04 Dec 2019

Cara Praktis Atasi Telat Menstruasi

Kamu pasti panik kan, Girls, kalau tiba-tiba menstruasimu telat atau nggak dateng sama sekali? Kira-kira gimana cara menanganinya, ya? Nah, kamu perlu memastikan beberapa hal berikut dulu nih, Girls, supaya kamu bisa tau pemicu utama yang bikin menstruasimu jadi telat.

  • Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang, karena kelebihan atau kekurangan berat badan bisa menyebabkan siklus menstruasimu jadi terganggu.
  • Kalau kamu lagi menjalani program kebugaran yang intensif, sebaiknya kamu kurangi jam berlatihmu. Coba lakukan konsultasi dengan dokter supaya diberikan panduan yang tepat tentang kebutuhan aktivitasmu, serta mendapatkan tambahan hormon dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulangmu karena telat menstruasi.

Kalau misalnya kamu berpikir bahwa ada kemungkinan hamil karena kamu dan pasanganmu melakukan hubungan seks, kamu bisa melakukan uji kehamilan instan. Kalau hasilnya positif, segera jalani pola hidup sehat seperti di bawah ini, sebelum kamu bertemu dokter:

  • Konsumsi makanan bernutrisi
  • Jangan merokok atau mengonsumsi berbagai produk tembakau
  • Jangan mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang
  • Jangan konsumsi kafein, atau kurangi konsumsi kopi dan teh, maksimal satu gelas sehari
  • Jangan bersentuhan dengan kotoran hewan peliharaan supaya terhindar dari risiko infeksi toksoplasma
  • Jangan terlalu dekat dengan orang sakit, supaya kamu nggak terinfeksi
  • Konsumsi vitamin yang mengandung asam folat dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan

Kalau ternyata hasil testpack negatif tapi gejala-gejala kehamilan tetap terlihat, maka lebih baik kamu memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mengonfirmasi hasil pemeriksaan itu. Jangan sampai kamu salah dan telat menanganinya ya, Girls! Tetap jaga kesehatanmu supaya menstruasimu selalu lancar!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
23 Oct 2019

Nggak Menstruasi Tapi Nggak Hamil, Apa yang Salah Sama Tubuhku?

Girls, kamu pasti udah tau kan, kalau siklus menstruasi bakal teratur dengan sendirinya saat umurmu ...
Adulthood
10 Jul 2019

Menstruasi Udah Selesai, Tapi kok….Masih Kram?

Girls, nyeri itu wajar banget kok, dialami kalau lagi menjelang atau di awal menstruasi. Kamu tau ng...
Adulthood
10 Jun 2019

Jangan Anggap Santai Penebalan Dinding Rahim!

There’s an important information that you must know, Girls! Ternyata siklus menstruasi yang ng...