Buat Diary Menstruasimu Sendiri yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Buat Diary Menstruasimu Sendiri yuk!

Buat Diary Menstruasimu Sendiri yuk!

24 Sep 2019

Buat Diary Menstruasimu Sendiri yuk!

Saat proses pertumbuhan fisikmu lagi berlangsung di usia remaja, siklus menstruasi memang cenderung belum teratur, Girls. Kalau kamu sering memerhatikan kesehatan, kondisi ini pasti bikin kamu cemas deh. Betul kan? Tapi, sebenarnya ada kemungkinan kalau siklus menstruasimu itu aslinya normal lho. Cuma memang proses pertumbuhan aja yang bikin jadi nggak teratur.

Kalau kamu mau memastikan menstruasimu berlangsung normal, caranya adalah membuat catatan siklus menstruasi. Saat ini, kamu bisa pakai Menstrual Diary, yaitu aplikasi kalender menstruasi yang bisa di-download lewat Google Play dan Apple Store. Tapi kamu harus tau nih, aplikasi itu baru bisa berfungsi optimal kalau kamu memasukkan data yang akurat ya, Girls!

So, sebaiknya kamu mulai mencatat menstruasimu yang berlangsung setiap bulan, selama beberapa bulan berturut-turut untuk memastikan keteraturan menstruasimu. Supaya catatan menstruasimu lebih lengkap, berikut ini ada beberapa hal yang perlu dicatat:

  • Lama menstruasi berlangsung

Selain hari pertama menstruasi, lama menstruasi berlangsung sebenarnya diperlukan untuk memastikan kesehatan reproduksimu. Menstruasi yang normal berlangsung antara 2 - 10 hari. Jadi, kalau menstruasimu berlangsung kurang atau lebih dari jumlah hari itu, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter ya, Girls.

  • Aliran darah menstruasi

Catat aliran darah menstruasimu dengan memberi keterangan misalnya, cuma sedikit atau lebih banyak dibanding biasanya. Tambahkan juga keterangan berapa kali kamu ganti pembalut setiap hari pas lagi menstruasi. Kalau kamu ganti pembalut lebih dari enam kali pas siang hari, itu tandanya kamu mengalami perdarahan menstruasi berat dan harus diperiksakan ke dokter.

  • Nyeri

Jelaskan nyeri yang kamu alami selama menstruasi. Kasih keterangan apakah nyerinya biasa aja, sakit banget, atau malah nggak merasa nyeri sama sekali. Nyeri menstruasi sebenarnya dipicu sama ketegangan otot perut setelah berkontraksi mengeluarkan darah dari dalam rahim. Kalau nyeri yang dirasakan sangat parah, berarti otot perutmu lagi menegang banget, Girls. Kondisi ini menandakan adanya gangguan hormonal yang perlu ditangani sama dokter.

  • Gejala lain

Perhatikan apakah ada gejala lain yang terjadi pas kamu lagi menstruasi, seperti pusing, atau mood swing sampai mengganggu hubunganmu sama orang-orang sekitar. Kondisi ini juga tanda kalau ada gangguan hormonal yang harus ditangani langsung sama dokter.

Simple kan, Girls? Semua hal yang kamu catat ini, akan memberi info tentang kesehatan reproduksi dan kewajaran siklus menstruasimu. Kamu juga bisa tau kalau tiba-tiba ada perubahan yang terjadi pada kondisi tubuhmu. Saat kamu memeriksakan diri ke dokter, catatan ini bisa digunakan sebagai data pelengkap supaya dokter lebih tau tentang kondisi tubuhmu. Bermanfaat banget kan? Makanya, rajin mencatat apapun yang kamu alami selama menstruasi ya, Girls!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, supaya mereka juga mulai membuat catatan menstruasinya!

Related Articles

Adulthood
19 Sep 2019

Kok Bisa sih, Hormonku Nggak Stabil?

Kamu pasti tau kan, kalau di usia matang, seharusnya siklus menstruasimu udah berlangsung teratur? M...
Adulthood
06 Sep 2019

Menstruasi Bisa Kurangi Risiko Infeksi Ragi

Kamu sering mengalami gatal dan kemerahan di area vagina sampai membengkak? Hati-hati, Girls! Ternya...
Adulthood
29 May 2019

7 Jenis Gangguan Perdarahan Menstruasi yang Sering Dialami Cewek

Kamu tau nggak, Girls, kalau aliran darah yang terjadi pas cewek lagi menstruasi, di dunia medis dik...