ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?

Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?

17 Dec 2020

Bolehkah Olahraga Saat Menstruasi?

Perempuan sering ragu untuk berolahraga saat menstruasi. Apakah kamu salah satunya, Girls? Wajar, sih. Saat menstruasi, rasanya memang enggak nyaman banget. Apalagi kalau menstruasi sedang "deras" atau diikuti dengan keluhan lain seperti nyeri haid, sakit kepala, dan rasa lemas. Kebanyakan perempuan jadi takut melakukan aktivitas berat saat menstruasi, termasuk olahraga, karena khawatir akan memperparah kondisi atau keluhan yang dirasakan. 

Namun, Girls, ternyata kekhawatiran semacam itu enggak sepenuhnya benar! Penelitian medis menunjukkan kalau olahraga saat menstruasi justru dapat memberikan beragam manfaat apabila dilakukan dengan tepat. Mulai dari mengurangi nyeri haid atau kram perut, melancarkan menstruasi, mengendalikan perdarahan menstruasi yang berat, memperbaiki mood atau suasana hati, mencegah anemia, meredakan sakit kepala atau nyeri punggung, hingga meningkatkan energi dan menghilangkan rasa lemas saat menstruasi. Dengan kata lain, meski memang ada olahraga-olahraga tertentu yang sebaiknya dihindari, beberapa jenis olahraga masih boleh kamu lakukan saat menstruasi.

Olahraga yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Saat Menstruasi

Enggak semua jenis olahraga cocok dilakukan saat menstruasi. Jenis olahraga yang tidak dianjurkan dilakukan saat menstruasi pada umumnya adalah olahraga-olahraga berat serta berintensitas tinggi yang membutuhkan tekanan atau menggunakan otot secara berlebihan. Misalnya saja lompat tali, basket, angkat beban, dan Muay Thai. Olahraga-olahraga semacam itu dikhawatirkan menimbulkan risiko cedera pada tulang, otot, dan persendian yang saat menstruasi jadi lebih lembek atau melunak akibat pelepasan hormon-hormon menstruasi. 

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari gerakan-gerakan pada jenis olahraga lain yang terasa meningkatkan keparahan nyeri haid, menambah rasa tidak nyaman, atau bahkan menimbulkan kondisi kesehatan serius. Contoh gerakan yang dimaksud adalah postur atau gerakan yoga yang membuat posisi kepala dan kaki jadi terbalik seperti shoulder stand, headstand (sikap lilin), atau plow pose. Jika dilakukan saat menstruasi, gerakan-gerakan semacam itu berisiko membuat pembuluh darah di dalam rahim tersumbat dan akibatnya memperbanyak volume darah menstruasi yang keluar.

Olahraga yang Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Jika ingin mendapatkan manfaat olahraga saat menstruasi, sebaiknya pilih saja jenis olahraga aerobik atau olahraga yang tergolong ringan. Paling aman dan mudah, kamu bisa olahraga saat menstruasi dengan menari mengikuti irama musik favorit atau jalan kaki di sekitar rumah setidaknya selama 30 menit tanpa berhenti. Namun, kamu juga boleh sedikit menaikkan "level" olahragamu dengan jogging, melakukan gerakan dan teknik pernapasan yoga selama 35–40 menit per hari, pilates, zumba, berlari, ataupun bersepeda.

Oh, iya. Berenang pun sebenarnya boleh dilakukan saat menstruasi, Girls. Enggak perlu khawatir darah menstruasi mengotori air kolam renang. Tekanan air di dalam kolam renang justru akan mencegah keluarnya darah menstruasi, kok! Hanya saja, pastikan saat berenang kamu sedang tidak mengalami nyeri haid atau kram perut parah yang membuat sulit bergerak. Berenang dalam kondisi sedang nyeri haid atau kram perut sangat membahayakan dan tidak boleh dilakukan karena berisiko membuatmu tenggelam.

Pilihan olahraga yang masih aman dan boleh dilakukan saat menstruasi ternyata cukup beragam, kan? Semoga setelah ini kamu enggak lagi ragu untuk berolahraga saat menstruasi ya, Girls! Prinsipnya, ingatlah untuk memilih jenis olahraga yang tepat dan memperhatikan kondisi kesehatan atau fisikmu sendiri. Saat menstruasi, lakukan olahraga dengan intensitas dan durasi secukupnya serta tidak perlu memaksakan diri apabila kamu memang merasa tidak kuat atau sudah lelah. Jangan lupa imbangi dengan banyak minum air putih agar tubuh tak dehidrasi setelah olahraga saat menstruasi.

Yang enggak boleh terlupakan juga, pakailah pembalut yang aman dan nyaman agar kamu lebih leluasa melakukan olahraga saat menstruasi. Pembalut Laurier Super Slimguard sangat cocok jadi pilihan. Pembalut Laurier telah teruji sebagai merk pembalut yang aman. Sementara, pembalut Laurier Super Slimguard pun nyaman digunakan karena didesain fleksibel serta mampu mengikuti bentuk tubuh. Cocok banget dipakai untuk olahraga saat menstruasi karena bakal no tembus tembus club meski kamu aktif bergerak!

Related Articles

Adulthood
29 Jul 2019

Perekat di Pembalut Bisa Memicu Keputihan? Masa sih?

Fungsi dari perekat yang ada di bagian bawah pembalut adalah untuk merekatkan pembalut dengan celana...
Adulthood
10 Jun 2019

Cara Hitung Siklus Menstruasi Nggak Pake Ribet!

Kamu udah tau belum nih, Girls, kalau penting banget buat semua perempuan untuk tau kapan hari perta...
Adulthood
24 Sep 2019

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

Kamu pasti udah tau arti dari siklus menstruasi kan, Girls? Yap! Siklus menstruasi adalah periode di...