Boleh Nggak ya, Olahraga Pas Lagi PMS dan Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Boleh Nggak ya, Olahraga Pas Lagi PMS dan Menstruasi?

Boleh Nggak ya, Olahraga Pas Lagi PMS dan Menstruasi?

14 Jun 2019

Boleh Nggak ya, Olahraga Pas Lagi PMS dan Menstruasi?

Olahraga adalah salah satu hal yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tapi sayangnya nih, kebanyakan cewek bakal memilih rebahan dan nggak banyak gerak pas menjelang dan lagi menstruasi, karena mengalami nyeri. Sebagian cewek bakal merasa lemas dan nggak bergerak, sebagian lagi males berolahraga karena berpikir kalau aktivitas fisik bisa memicu nyeri jadi makin parah. Padahal kalau kamu tau cara yang benar, justru berolahraga bisa dan perlu dilakukan sepanjang siklus menstruasi, lho.

Pas kamu lagi menstruasi, mulai terjadi proses pematangan sel telur di dalam indung telur dan kadar hormon estrogen juga jadi sangat rendah, sehingga tubuh bakal memakai karbohidrat untuk menggantikan lemak. Nah, inilah waktu yang tepat buat kamu melakukan jenis-jenis olahraga yang butuh kecepatan gerak tubuh, seperti interval training atau high energy cardio.

Saat periode ovulasi, kadar estrogen tubuh bakal melonjak jadi tinggi banget untuk mendorong sel telur supaya keluar dari indung telur. Tapi sayangnya, hal ini memengaruhi kelenturan otot hamstring (otot di bagian paha belakang yang memanjang dari panggul sampai lipatan lutut) yang membuatnya jadi lebih lemah, sehingga risiko terjadinya cedera lutut bakal meningkat. Olahraga yang tepat untuk kamu lakukan pada periode ini adalah berenang dan jalan kaki. Ingat Girls, kalau kamu harus melakukan olahraga yang bergerak cepat, jangan lupa melakukan pemanasan yang benar ya!

Nah, pas masuk masa persiapan menstruasi dan PMS, kadar hormon progesteron di dalam tubuh bakal meningkat dan estrogen jadi sangat rendah. Kondisi ini membuatmu merasa lebih lambat bergerak, terutama kalau kamu melakukan olahraga yang membutuhkan gerakan cepat. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh memakai lemak sebagai sumber pembakaran. Walaupun begitu, kamu harus tetap berolahraga lho, Girls! Jangan sampai kamu jadi mager ya!

PMS dan menstruasi nggak boleh kamu jadikan alasan biar kamu males bergerak dan olahraga ya, Girls! Kamu tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa, kok. Yuk, coba mulai lakukan dari sekarang, supaya tubuhmu tetap sehat!

Share info ini ke teman-teman cewekmu yuk, biar mereka nggak males olahraga pas lagi PMS dan menstruasi!

Related Articles

Adulthood
27 Aug 2019

Basmi Kram Perut Pakai Minyak Esensial!

Girls, kamu pasti pernah dengar tentang minyak esensial kan? Minyak esensial dikenal sebagai bahan u...
Adulthood
09 Jul 2019

Tips Makan Sehat Supaya Menstruasi Tetap Lancar

Girls, kamu harus tau nih, kalau tubuh yang terlalu kurus ternyata menandakan kurangnya cadangan lem...
Adulthood
01 Nov 2019

Pemicu Gatal di Area Genital

Alih-alih membuat area genitalmu jadi harum, produk berpewangi ternyata bisa mengiritasi area kulit ...