Boleh Nggak sih, Olahraga Pas Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Boleh Nggak sih, Olahraga Pas Menstruasi?

Boleh Nggak sih, Olahraga Pas Menstruasi?

28 Aug 2019

Boleh Nggak sih, Olahraga Pas Menstruasi?

Kamu pernah nggak, mengalami nyeri perut pas lagi olahraga saat menstruasi? Kalau udah seperti ini, apa yang harus dilakukan ya? Berhenti olahraga atau tetap lanjut setelah istirahat sebentar? Duh, bingung deh!

Sebenarnya menstruasi bukan halangan untuk kamu melakukan aktivitas sehari-hari lho, Girls! Salah satu contohnya adalah olahraga. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan berolahraga rutin pas menstruasi bisa memelihara kebugaran tubuh secara keseluruhan. Makanya, kamu disarankan untuk rajin berolahraga selama menstruasi. Tapi walaupun begitu, kamu tetap harus melakukannya sesuai kemampuan tubuhmu supaya nantinya nggak berdampak buruk untuk siklus menstruasimu. Nah, berikut ini ada beberapa saran dari para ahli kesehatan, supaya kamu tetap nyaman berolahraga pas menstruasi!

  • ‘Dengarkan’ tubuhhmu

Kalau nyeri menstruasi terasa mengganggu pas lagi berolahraga, sebaiknya kamu istirahat sebentar. Perhatikan kondisimu, kalau merasa capek, sebaiknya jangan dilanjutkan. Tapi kalau kamu merasa perlu melanjutkan, pastikan kamu melakukan gerakan-gerakan peregangan yang membantu tubuhmu jadi lebih relaks. Ingat ya, kamu nggak perlu memaksakan diri untuk berolahraga rutin seperti pas kamu lagi nggak menstruasi.

  • Jangan lakukan gerakan jungkir-balik

Kalau kamu rutin melakukan yoga, maka pas menstruasi jangan lakukan gerakan-gerakan dengan posisi kepala di bawah. Karena posisi ini bisa menyebabkan rasa nggak nyaman untuk tubuhmu. Sekalipun belum bisa dijelaskan secara medis, apakah hal ini benar-benar bisa mengganggu menstruasi dan membuat PMS jadi lebih parah, tapi para cewek memang diingatkan untuk nggak melakukan posisi ini. Masih ada gerakan yoga lain yang justru lebih berguna untuk membantu melenturkan otot perutmu yang lagi menegang itu.

  • Jaga aliran endorfin

Walaupun tetap bisa berolahraga, kamu harus melakukannya secara hati-hati ya, Girls! Karena saat menstruasi, jumlah darah yang mengalir di dalam tubuhmu bakal berkurang. Kegiatan fisik yang berat bakal membuat keringat mengucur deras, sehingga jumlah cairan dan zat elektrolit yang ada di dalam tubuhmu jadi merosot drastis. Kondisi ini bisa berbahaya buat cewek yang udah banyak kehilangan darah selama menstruasi. So, lebih baik kamu pilih jenis olahraga ringan yang nggak kalah memicu aliran endorfin di dalam tubuhmu. Misalnya, senam aerobik, jalan kaki, menari, dan bersepeda. Kalau produksi kadar endorfin di dalam tubuhmu tetap terjaga, justru bisa sangat membantu untuk menyeimbangkan kadar hormon reproduksi yang memicu PMS.

Sepanjang periode menstruasi, tubuhmu mengalami perubahan kadar hormon yang mengakibatkan berbagai gejala PMS. Salah satunya adalah nyeri yang kamu rasakan di daerah perutmu itu. Memang sampai sekarang belum ada penelitian yang memastikan manfaat olahraga untuk mengatasi PMS, tapi berolahraga rutin saat menstruasi justru bisa membuat tubuhmu jadi tetap sehat dan segar selama beraktivitas.

Kalau tubuh selalu sehat dan segar, peredaran darah di dalam tubuhmu juga bakal berlangsung lancar dan stamina tetap terjaga. Peredaran darah yang lancar secara nggak langsung bisa mengendalikan naik turunnya kadar hormon di dalam tubuhmu lho, Girls! Kalau begini, otomatis berbagai keluhanmu seperti mood swing, susah konsentrasi, dan nyeri perut juga pasti bakal mereda.

Nggak rugi kan, Girls, kalau kamu rajin berolahraga pas menstruasi? Asalkan kamu melakukannya sesuai saran-saran di atas, pasti menstruasimu nggak bakal terganggu. Nah, supaya kamu makin nyaman dan rajin berolahraga selama menstruasi, coba lakukan beberapa tips berikut yuk!

  • Banyak minum air putih sebelum olahraga, ketika berolahraga, dan setelahnya supaya kamu nggak kekurangan cairan.
  • Konsultasikan ke dokter, apakah kamu perlu mengonsumsi multivitamin atau vitamin penambah darah selama periode menstruasi.
  • Pilih baju olahraga yang nggak terlalu ketat supaya kamu tetap nyaman saat bergerak.
  • Pakai pembalut yang bisa menyerap cairan menstruasi dengan baik, punya panjang ideal, dan pelindung samping supaya bisa melindungimu secara maksimal pas kamu lagi beraktivitas, bahkan yang ekstrem sekalipun.
  • Ganti baju dan pakaian dalam, serta bersihkan tubuhmu setelah berolahraga. Jangan lupa juga untuk ganti pembalutmu minimal empat kali sehari, terutama setelah beraktivitas supaya daerah kewanitaanmu tetap bersih dan nggak lembap.

Sekarang kamu nggak perlu takut atau ragu kalau mau olahraga pas menstruasi kan, Girls? Ternyata olahraga malah terbukti bisa membantu tubuhmu supaya tetap sehat dan segar menghadapi berbagai keluhan PMS. So, tunggu apa lagi? Yuk, rajin berolahraga mulai sekarang!

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tetap rajin berolahraga selama menstruasi!

Related Articles

Adulthood
03 Dec 2019

Jangan Temenan Sama Skinny Jeans!

Model skinny jeans yang ketat menempel di kulit memang bikin kakimu jadi terlihat lebih ramping, Gir...
Adulthood
20 Jun 2019

Atasi Mual Pas Lagi PMS dengan 2 Makanan Ini!

Mual menjadi salah satu gejala pra menstruasi yang biasa diderita sama cewek. Fakta medis yang diket...
Adulthood
10 Jul 2019

Yuk, Manjakan Diri Pas Menstruasi!

Pasti kamu terbayang kan, masalah apa aja yang harus dihadapi pas menjelang dan lagi menstruasi? Mul...