10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!

10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!

12 Nov 2021

10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!

Berhubungan badan menjadi salah satu kebutuhan bagi pasangan yang sudah menikah. Bukan hanya untuk memperkuat hubungan suami istri saja, berhubungan badan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, lho. Penasaran? Cek informasinya berikut ini, ya. 

Manfaat Berhubungan Badan 

Dengan melakukan hubungan badan, pasangan suami istri dapat meningkatkan kepercayaan, membangun hubungan yang kuat, dan mengurangi hal atau perasaan negatif yang ada karena adanya pelepasan hormon cinta dan bahagia yaitu hormon oksitosin. Manfaat berhubungan badan juga dapat kamu lihat di bawah ini : 

  1. Membantu sistem kekebalan tubuh 
    Hubungan seksual dapat bermanfaat bagi kesehatan terutama meningkatkan sistem imunitas, hal ini terjadi karena pada saat melakukan hubungan seksual, tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang membuat tubuh merasa rileks dan segar. 

    Menurut penelitian, orang yang rutin melakukan hubungan seksual sekali hingga 2 kali dalam seminggu memiliki imunitas tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak rutin melakukan hubungan seksual. 

  2. Mengurangi stres
    Manfaat dari melakukan hubungan seksual lainnya adalah dapat mengatasi rasa stres. Hal ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon oksitosin yang dapat memicu kebahagiaan di otak. Hormon ini juga dapat mengurangi perasaan cemas. 

  3. Membakar kalori 
    Ketika melakukan hubungan seksual, ada beberapa bagian otot tubuh yang ikut berperan seperti otot dinding perut, otot punggung, otot pinggul, otot gerak pada lengan dan paha, otot panggul, dan otot jantung yang membuat otot tubuh lebih aktif. Sehingga, berhubungan seksual dianggap sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan. 

    Melakukan hubungan seksual dapat membakar sebanyak 5 kalori setiap menitnya. Saat manusia orgasme, denyut jantung yang dihasilkan juga sama dengan berjalan kaki. 

  4. Menurunkan tekanan darah 
    Perlu diketahui, berhubungan badan ternyata dapat menurunkan tekanan darah sistolik, lho. Menurut penelitian yang dilansir dalam Jurnal Blood Pressure Monitoring tahun 2008, seks dapat mengurangi kadar homosistein (asam amino alami dalam darah) yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. 

  5. Meningkatkan kontrol kandung kemih
    Melakukan hubungan seksual juga memiliki manfaat kesehatan bagi wanita berupa meningkatnya kontrol kandung kemih karena adanya kontraksi saat orgasme. Berhubungan badan juga memperkuat otot panggul yang baik untuk menghindari inkontinensia (kondisi sulit menahan pipis). 

  6. Kualitas tidur yang membaik 
    Siapa di sini yang sulit banget tidur alias insomnia? Daripada mengonsumsi pil atau obat tidur, melakukan hubungan seksual bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan melakukan seks, tubuh akan melepaskan hormon prolaktin yang membuat tubuh mengantuk. Kondisi mengantuk itulah yang membuat seseorang yang selesai melakukan hubungan seks cepat tertidur dan bangun dengan badan lebih segar. 

  7. Menghindari risiko penyakit kronis 
    Melakukan hubungan seksual dapat menghindari diri dari penyakit kronis, lho. Seks bisa mencegah seseorang terkena serangan jantung. Hal ini terjadi karena seks dapat memperkuat otot jantung serta menurunkan asam amino yang dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Selain itu, melakukan seks secara rutin sebanyak 7x dalam seminggu juga diyakini dapat mencegah penyakit kanker. 

  8. Awet muda 
    Nah kalau manfaat satu ini, pasti disukai oleh semua orang baik pria maupun wanita. Saat mengalami orgasme, tubuh akan memproduksi hormon estrogen. Hormon ini dapat membantu pencegahan penuaan kulit dan mempertahankan jumlah kolagen dalam kulit sehingga dapat membuat kamu lebih awet muda dan memiliki kulit yang tampak bersinar. 

  9. Meningkatkan libido 
    Dengan melakukan hubungan seksual, wanita akan terbiasa dan dapat meningkatkan pelumas dari vagina. Selain itu libido juga akan meningkat sehingga hubungan dengan pasangan semakin harmonis. 

  10. Melancarkan siklus menstruasi
    Nah, yang terakhir adalah melancarkan siklus menstruasi. Kok bisa, ya? Saat melakukan hubungan seksual, seseorang bisa mencapai orgasme. Ketika mencapai orgasme, aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan otot yang tegang dapat berkurang. Dimuat dalam penelitian pada 1500 pasangan, perempuan yang rajin melakukan hubungan seks cenderung memiliki siklus menstruasi yang teratur. 

    Hal ini mungkin dapat terjadi karena hubungan seks dapat melepaskan hormon-hormon yang berperan dalam proses ovulasi dan reproduksi sehingga membuat seseorang yang melakukan hubungan seks memiliki siklus menstruasi lebih teratur. 

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat hubungan seksual terutama dalam melancarkan siklus menstruasi. Manfaat hubungan seksual di atas, dapat kamu rasakan baik secara psikis, fisik, dan emosional apabila dilakukan tanpa tekanan, berdasarkan cinta, dilakukan dengan frekuensi yang sesuai (tidak berlebihan). Dengan melakukan hubungan seks yang tidak didasarkan oleh hal di atas, tubuh akan merasakan nyeri pada otot, lelah fisik, dan penurunan imunitas. 

Selain itu, pastikan kamu melakukan hubungan seksual dengan aman. Hubungan seksual yang aman adalah tidak melakukan dengan beberapa pasangan, menggunakan alat kontrasepsi jika tidak ingin memiliki keturunan, tidak melakukannya saat menstruasi karena dapat meningkatkan risiko infeksi penyakit menular seksual, dan menjaga kebersihan organ intim setelah melakukan seks. 

Kamu bisa menjaga kebersihan vagina agar tetap bersih dan kering dengan memakai Laurier Pantyliner Cleanfresh yang bisa membuat vagina tetap kering dan bersih sepanjang hari karena pantyliner ini memiliki permukaan tipis dengan lapisan ekstra kering. Pantyliner ini tersedia untuk pilihan dengan kandungan parfume atau tanpa parfume yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. 

 

Related Articles

Adulthood
28 Oct 2019

Jarang Menstruasi Berarti Nggak Subur?

Menstruasi pasti bakal dialami sama semua cewek yang udah memasuki usia remaja. Nggak heran sih, kal...
Adulthood
27 Feb 2020

Gejala Gangguan Hormonal PCOS yang Harus Kamu Tahu!

Girls, sebenarnya ada banyak gangguan yang dialami perempuan seiring dengan pertumbuhan tubuhnya, ng...
Adulthood
27 Sep 2019

Yuk, Rajin Berenang Sebelum Menstruasi!

Kamu tau nggak sih, Girls, ternyata berenang pas lagi menstruasi itu nggak disarankan banget sama pa...