Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?

14 Oct 2019

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?

“Bisa nggak ya, seorang cewek hamil kalau melakukan hubungan seks pas lagi menstruasi?” pertanyaan ini pasti sering banget muter-muter di otakmu, benar nggak, Girls? Sebenarnya, melakukan hubungan seks pas lagi menstruasi itu nggak dilarang, tapi juga nggak dianjurkan, lho. Hubungan seks saat menstruasi yang dilakukan tanpa pengaman ternyata nggak cuma meningkatkan risiko infeksi pada organ reproduksi aja, tapi juga tetap berisiko kehamilan sekalipun sangat rendah.

Berdasarkan data medis, kehamilan pas lagi menstruasi sebenarnya nggak bisa terjadi. Secara teknis, pembuahan cuma bisa terjadi kalau hubungan seksual dilakukan pada periode ovulasi. Periode ovulasi ini cuma dialami cewek selama 48 jam setiap bulan, dan nggak dialami pas lagi menstruasi.

Tapi, cewek sering banget salah memperhitungkan menstruasinya. Saat mengalami perdarahan, kondisi ini langsung dianggap sebagai menstruasi, padahal belum tentu lho, Girls. Tubuh sering banget mengeluarkan bercak darah di tengah siklus reproduksi sebelum ovulasi, yang menandakan kalau tubuh udah siap mengalami pembuahan.

Pembuahan bakal terjadi saat sel sperma dan sel telur bertemu di dalam tuba fallopi. Satu sel telur bisa bertahan hidup di dalam tuba fallopi selama dua jam setelah dilepaskan oleh indung telur. Sebaliknya, sel sperma malah bisa bertahan sampai lima hari di dalam tubuh seorang cewek, kalau kondisinya benar-benar baik.

Contoh kasusnya, kalau kamu punya siklus yang pendek, misalnya kurang dari 30 hari, ovulasi terjadi sekitar dua minggu sebelum seorang cewek mengalami menstruasi, biasanya antara hari ke 12 – 14 terhitung sejak hari pertama menstruasi. Lalu misalnya menstruasi terjadi selama delapan hari, dan kamu melakukan hubungan seks pada hari ketujuh. Maka, sperma bisa bertahan sampai hari ke 12, saat sel telur udah dilepaskan sama indung telur. Berdasarkan contoh perhitungan inilah kondisi yang menyebabkan seorang cewek bisa langsung hamil, walaupun hubungan seks dilakukan pas lagi menstruasi.

So, sekarang kamu udah mulai paham kan, Girls? Ternyata walaupun melakukan hubungan seks pas lagi menstruasi, seorang cewek tetap ada kemungkinan untuk hamil, lho! Tapi lebih baik lagi, kalau kamu nggak melakukannya karena itu bisa mengganggu kesehatan organ reproduksimu. Kamu bisa memakai kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan gangguan pada organ reproduksimu. ‘Cause healthy is number one, dear!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka juga bisa tau tentang info penting ini!

Related Articles

Adulthood
04 Sep 2019

Bakteri Baik di Vagina

Para peneliti dari University of North Carolina (UNC) menemukan fakta yang mengejutkan sekaligus men...
Adulthood
13 Jul 2021

Ini Dia Alasan Libido Meningkat Menjelang dan Saat Menstruasi 

Kalau mendengar kata Libido, apa yang ada di pikiran kamu? Libido sendiri digambarkan sebagai hasrat...
Adulthood
06 Sep 2019

10 Cara Cegah Infeksi Ragi

Girls, ternyata infeksi ragi umum banget terjadi dan dialami sama perempuan lho! Diketahui senggakny...