Beda Masa, Beda Cara Kerjanya
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Beda Masa, Beda Cara Kerjanya

Beda Masa, Beda Cara Kerjanya

24 Sep 2019

Beda Masa, Beda Cara Kerjanya

Ternyata kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi bisa memengaruhi daya ingatmu lho, Girls. Sangat kuat di suatu periode, lalu melemah di periode lain. Kalau pola ini dikenal dengan baik, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengoptimalkan performa kerjamu. Hebat banget kan? Nah, supaya kamu makin paham, berikut ini pembagian polanya mulai dari masa menstruasi sampai menjelang menstruasi:

  • Selama menstruasi: Semakin menguat

Siklus menstruasi diawali dari hari pertama menstruasi dimulai. Beberapa hari di minggu pertama ini, cewek rata-rata akan merasakan dirinya susah mengingat. Kondisi ini dipengaruhi sama rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh, walaupun kamu cuma sedikit banget kehilangan zat besi yang keluar bersama darah menstruasi, tapi tetap akan membuatmu merasa capek secara mental. Tapi tenang aja, Girls, setelah kadar estrogen meningkat, daya kerja otakmu pasti langsung kembali membaik. Sehingga, gangguan daya ingat itu bakal langsung teratasi deh. Malah kamu bisa mengingat berbagai hal dengan cepat saat dibutuhkan lho!

  • Menjelang dan masa subur: Otak bekerja cepat

Ini adalah periode yang tepat banget buat kamu menunjukkan kemampuan. Kadar estrogen yang semakin meningkat, membuat otakmu bisa bekerja optimal. Kamu bisa berpikir sangat cermat, dan menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik pada periode ini. Otakmu juga bisa menyerap berbagai info dengan cepat, jadi inilah saat yang tepat buatmu mempelajari hal-hal baru.

  • Setelah masa subur: Mulai melemah

Setelah melewati masa subur, saat kadar estrogen mulai turun dan produksi progesteron meningkat, maka sering banget dibutuhkan beberapa saat untukmu mengingat sesuatu. Pas kamu lagi ngomong bisa tiba-tiba terputus karena kamu nggak ingat dengan baik hal apa yang mau kamu jelaskan. So, sebaiknya atur schedule supaya presentasi atau meeting-mu nggak dilakukan pada periode ini.

  • Menjelang menstruasi: Sangat susah mengingat

Pernah nonton film kartun tentang aktivitas seorang profesor yang terlihat linglung karena melupakan banyak hal? Nah, seperti itulah kondisi cewek pada minggu menjelang menstruasi, Girls! Kamu jadi nggak gampang mengingat, karena kadar estrogen yang sangat rendah memengaruhi kerja short term memory. Bukan cuma isi resep yang susah aja, tapi HP yang baru aja kamu taruh juga cenderung susah ditemukan. Supaya kamu nggak mengalami berbagai kejadian konyol di minggu menjelang menstruasi, sebaiknya buat catatan tentang hal-hal rutin biar aktivitasmu bisa tetap berjalan normal.

Wah, ternyata kerja otak cewek bisa berubah-ubah ya?! Beda masa, beda juga kemampuannya. Kalau kamu udah tau pola kerja memorimu sendiri, sekarang kamu pasti jadi lebih siap mengantisipasinya. Iya kan? So, be aware, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga tau info tentang ini!

Related Articles

Adulthood
07 Oct 2019

Kekuatan Rahasia dari Jus Cranberry

Tau nggak, Girls, ternyata infeksi saluran kandung kemih adalah salah satu infeksi yang sering diala...
Adulthood
04 Oct 2019

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Kalau ada bercak-bercak darah yang muncul di luar periode menstruasi pasti bikin kamu panik, betul n...
Adulthood
20 Jul 2019

Post-Menstrual Syndrome VS Pre-Menstrual Syndrome

Girls, kamu udah tau kan, istilah PMS atau Pre-Menstrual Syndrome? Yap! PMS adalah gejala-gejala yan...