ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bebas Masalah, Bebas Beraktivitas!

Bebas Masalah, Bebas Beraktivitas!

03 Dec 2019

Bebas Masalah, Bebas Beraktivitas!

Kamu pasti sering merasa sakit perut dan nyeri payudara pas lagi menstruasi, benar nggak, Girls? Belum lagi ditambah embel-embel yang lain, seperti susah konsentrasi, ngantuk, dan gampang capek. Aduh….. Eits, jangan biarkan semua hal ini malah jadi masalah dan mengganggu aktivitasmu sehari-hari! Ada cara yang gampang untuk mengatasi semua kondisi ini, kok. This is it!

  • Jangan konsumsi garam, kafein, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Sebaiknya konsumsi lebih banyak protein, seperti ikan, daging, keju, susu, telur dan kacang-kacangan.
  • Ubah pola makan. Contohnya, dari tiga kali makan sehari dengan porsi standar, diubah jadi enam kali makan sehari dengan porsi setengah.
  • Cukup tidur setiap malam.
  • Tetap aktif. Kalau kamu lagi males banget untuk bergerak, tetap aktif melakukan rutinitas sehari-hari bisa membantu untuk menstabilkan mood dan membuatmu tidur nyenyak lho, Girls.
  • Stretching. Gerakan peregangan ringan bisa meredakan kram dan nyeri menstruasi. Kalau cara ini masih nggak berhasil, kamu bisa minta obat pereda nyeri menstruasi pada mama.
  • Mengendalikan stres. Carilah waktu untuk diri sendiri. Misalnya, mendengarkan lagu favorit, jalan-jalan di mall, atau melakukan hobi. Semua hal ini mungkin bisa mengurangi stresmu.
  • Curhat. Kamu bisa mengajak mama, atau kakak mengobrol tentang PMS yang kamu alami, atau bisa juga curhat sama temanmu. Mama dan kakak pasti juga pernah mengalami masalah yang sama sepertimu. Mengobrol dan membandingkan kondisimu dengan mereka bisa memberimu gambaran tentang kondisi yang kamu alami.

Kalau semua hal tersebut udah kamu lakukan, dan PMS nggak juga mereda, itu artinya kamu harus berkonsultasi ke dokter dan memastikan kondisi kesehatan reproduksimu. Jangan pernah anggap sepele PMS yang kamu alami ya, Girls! Karena bisa jadi itu awal dari penyakit di organ reproduksimu. So, be aware!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi PMS? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya! Yuk, ajak juga teman-temanmu baca artikel ini, supaya mereka bisa tau gimana caranya mengatasi PMS!

Related Articles

Adulthood
06 Dec 2019

Hati-hati Kena Serangan Jantung Saat Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak sih, membayangkan kalau serangan jantung bisa terjadi saat menstruasi? Mung...
Adulthood
10 Jul 2019

Yuk, Manjakan Diri Pas Menstruasi!

Pasti kamu terbayang kan, masalah apa aja yang harus dihadapi pas menjelang dan lagi menstruasi? Mul...
Adulthood
13 Sep 2019

Siapkan 4 Catatan Ini Sebelum Periksakan Nyeri Menstruasi ke Obgyn

Girls, nyeri dan kram itu sebenarnya bagian dari menstruasi yang normal lho. Kondisi ini menandakan ...