Bakteri Baik di Vagina
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bakteri Baik di Vagina

Bakteri Baik di Vagina

04 Sep 2019

Bakteri Baik di Vagina

Para peneliti dari University of North Carolina (UNC) menemukan fakta yang mengejutkan sekaligus menggembirakan bagi perempuan. Menurut mereka, sepertinya ada perempuan yang kebal terhadap berbagai infeksi seksual menular karena cairan atau lendir vaginanya mengandung sejenis bakteri pelindung. Bakteri yang dimaksud adalah Lactobacillus crispatus.

Penelitian yang sudah dilakukan selama tiga tahun ini, meneliti cairan vagina dari 31 perempuan yang aktif secara seksual dan menemukan bahwa cairan atau lendir para responden perempuan yang mengandung Lactobacillus crispatus ternyata bisa melindungi perempuan yang memilikinya terhindar dari infeksi seksual menular, bahkan HIV.

Menurut Sam Lai PhD, profesor di UNC Eshelman School of Pharmacy yang memimpin penelitian itu, melalui siaran press-nya mengatakan bahwa Lactobacillus crispatus bisa membantu tubuh menghasilkan lendir yang menangkap HIV dan pemicu infeksi seksual menular lain, sehingga nggak masuk ke dalam tubuh. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan di mBio, sebuah jurnal yang bisa diakses secara bebas dan diterbitkan oleh the American Society for Microbiology pada November 2015.

Kira-kira semua cairan atau lendir vagina yang mengandung Lactobacillus crispatus bisa menangkap bakteri dan virus itu nggak ya? Hmm….ternyata nggak lho, Girls! Cuma cairan vagina yang mengandung Lactobacillus crispatus dan unsur D-lactic acid yang tinggi, yang bisa melindungi perempuan dengan baik, itulah yang ditemukan oleh para ahli dari hasil penelitian tersebut.

Singkatnya, ada sebagian perempuan yang beruntung karena tubuh mereka bisa menghasilkan pelindung terhadap berbagai kemungkinan terjadinya infeksi seksual menular. So, lebih baik kamu tetap melakukan hubungan intim yang aman ya, Girls! Supaya nggak ada hal-hal yang membahayakan untuk tubuhmu juga!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka bisa tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
27 Aug 2019

Basmi Kram Perut Pakai Minyak Esensial!

Girls, kamu pasti pernah dengar tentang minyak esensial kan? Minyak esensial dikenal sebagai bahan u...
Adulthood
24 Jun 2019

Lakukan Vaksinasi HPV Tanpa Perlu Rutin Tes Pap Smear

Ada info penting yang harus kamu tau nih, Girls! Ternyata setiap perempuan di usia produktif atau ud...
Adulthood
29 Jul 2019

Yuk, Rawat Rambut Pubismu!

Girls, kamu tau nggak, kalau masa puber ternyata bakal terjadi di usia 9 - 15 tahun lho. Di masa pub...