Awas Kena Infeksi Saat Masa Subur!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Awas Kena Infeksi Saat Masa Subur!

Awas Kena Infeksi Saat Masa Subur!

02 Oct 2019

Awas Kena Infeksi Saat Masa Subur!

Para peneliti kesehatan perempuan di Eropa belum lama ini menjelaskan hasil penelitian mereka dalam Journal of Leukocyte Biology, bahwa pada masa subur kondisi daya tahan tubuh perempuan cenderung melemah, sehingga berisiko mengalami gangguan kesehatan, termasuk infeksi. Duh, serem ya, Girls?

Salah satu jenis infeksi yang paling sering dialami adalah infeksi jamur Cancida albicans yang memicu keputihan. Selain itu, juga bisa menyebabkan berbagai gangguan infeksi penyakit seksual menular lainnya.

Menurut Miguel Relloso, peneliti dari Complutens University di Madrid, Spanyol, hal itu nggak terjadi secara kebetulan, tapi karena sistem kekebalan tubuh memang otomatis melemah pada masa subur dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pada sperma – yang dideteksi sebagai jenis unsur asing – supaya bisa tetap hidup dan mencapai sel telur, sehingga terjadi pembuahan.

Kesimpulan ini didapatkan Miguel setelah melakukan penelitian terhadap tikus betina. Saat tikus betina mengalami masa subur dan infeksi jamur, tikus disuntik dengan Estradiol, yaitu jenis hormon seksual pada perempuan yang sangat dominan pada masa subur. Ternyata tambahan Estradiol ke dalam tubuh tikus betina pada masa subur itu, sama sekali nggak memicu reaksi dari TH17, yaitu komponen kekebalan tubuh yang menjadi antigen (pelawan) jamur Candida albicans pemicu keputihan.

Kondisi inilah yang membuat Miguel Relloso dan rekan penelitinya menyimpulkan bahwa proses penurunan kerja sistem kekebalan tubuh yang tujuannya untuk memberi kesempatan pada sel sperma supaya bisa hidup lebih lama dan bertahan membuahi sel telur, kemungkinan juga bisa memicu terjadinya berbagai infeksi.

Nah, karena kondisi ini merupakan bagian dari siklus yang alami, makanya setiap perempuan disarankan banget untuk menjaga kebersihannya supaya nggak gampang kena infeksi, Girls. So, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihanmu, terutama pas lagi masa subur ya! Let’s be healthy, dears!

Yuk, share info ini ke group chat teman-teman cewekmu, biar mereka juga semakin rajin jaga kebersihannya saat masa subur!

Related Articles

Adulthood
23 Jun 2019

Tes DNA Bisa Deteksi Kanker Serviks!

Ada kabar gembira buat kamu nih, Girls! Ternyata ada teknologi baru yang ditemukan untuk bisa memban...
Adulthood
27 Feb 2020

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Moms, ketika kamu mengalami keguguran, pasti kamu bertanya-tanya, kapan akan mendapatkan menstruasi ...
Adulthood
28 Oct 2019

Aroma Darah Menstruasi Datangnya Dari Mana sih?

Aroma darah menstruasi itu berbeda dari darah biasa ya? Betul banget! Bukan karena itu darah kotor, ...