Aplikasi Canggih Pemantau Masa Subur
ask dr laurier

Aplikasi Canggih Pemantau Masa Subur

Aplikasi Canggih Pemantau Masa Subur

03 Oct 2019

Aplikasi Canggih Pemantau Masa Subur

Kamu pasti tau tentang masa subur kan? Yup! Masa subur adalah periode penting dalam siklus reproduksi, saat indung telur melepaskan sel telur yang matang dan siap dibuahi.  Pada masa ini, kemungkinan terjadinya pembuahan relatif tinggi. Kalau kamu dan pasanganmu lagi merencanakan kehamilan, maka disarankan banget untuk memaksimalkan masa subur ini.

Tapi sayangnya, nggak semua pasangan bisa tau masa subur dengan tepat nih, Girls. Selain perhitungan manual dengan bantuan dokter, atau memerhatikan gejala-gejala tubuh yang cenderung susah disadari kalau nggak ahli, saat ini udah tersedia alat uji masa subur lho. Alat uji ini bekerja dengan cara memantau hormon. Tapi, hasilnya nggak selalu bisa dipahami dengan tepat, karena tergantung pengetahuan penggunanya.

Saat ini, sekelompok peneliti dari Mount Sinai Hospital, New York, lagi mengembangkan alat yang dibuat untuk memantau masa subur perempuan, supaya bisa menentukan masa subur dengan tepat. Alat tersebut bekerja memantau dua unsur utama masa subur, yaitu kadar hormon luteinizing dan progesteron di dalam urine perempuan.

Monitor tersebut bekerja dengan cara yang sangat praktis, cuma dalam dua langkah, yaitu:

  • Pengguna dianjurkan untuk mencelupkan strip kertas ke dalam urine pertama di pagi hari.
  • Setelah strip tersebut bereaksi menunjukkan hasil, scan dengan aplikasi yang udah di-download ke smartphone, sehingga aplikasi bisa membaca hasil yang ditampilkan strip tersebut, disertai analisa yang tepat tentang fase masa subur.

Menurut artikel yang dirilis oleh Endocrine Today, edisi Maret 2019, cara ini akan memberikan data yang bersifat personal pada perempuan pengguna alat tersebut. Sehingga bisa mengetahui profil kesuburannya secara real time dengan tepat. Alat pemantau masa subur dengan aplikasi ini, rencanaya bisa di-download secara bebas pada akhir tahun 2019.

Wah, canggih banget kan, Girls? Btw, akhir tahun 2019 sebentar lagi nih, semoga aja aplikasi alat pemantau masa subur ini bisa resmi dirilis dan di-download secara bebas ya! Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga tau info ter-update ini!

Related Articles
Adulthood
26 Jun 2019

4 Gangguan Kulit yang Kamu Alami Saat Menstruasi

Kamu sadar nggak sih, Girls, pas menjelang dan lagi menstruasi, kamu nggak cuma merasa nyeri atau mo...
Adulthood
06 Dec 2019

Bau Badan? No Way!

Semua cewek yang mulai masuk usia remaja pasti bakal melewati yang namanya masa puber. Kamu tau ngga...
Adulthood
01 Nov 2019

Kenapa Miss V Bisa Iritasi Saat Menstruasi?

Kamu tau nggak, ternyata 8 dari 10 orang perempuan di Indonesia mengalami iritasi miss V saat menstr...