Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?

Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?

01 Jul 2019

Apa Penyebab Menstruasiku Nggak Teratur?

Girls, kamu tau nggak sih, kebanyakan cewek mengalami 11 – 13 kali menstruasi dalam setahun. Tapi karena siklus setiap cewek beda-beda, maka bisa jadi kamu lebih banyak atau malah lebih sedikit mengalami menstruasi dibanding angka rata-rata itu.

Menstruasi yang nggak teratur sangat mungkin dialami seorang cewek di tahun-tahun pertamanya mengalami menstruasi. Pada masa pertumbuhan itu tubuh masih perlu menyeimbangkan kadar hormon untuk mengatur siklus menstruasi. Jadi kalau di awal-awal menstruasimu masih nggak teratur, itu termasuk wajar kok. Kondisi menstruasi yang nggak teratur ini juga bakal kamu alami lagi pas menjelang masa menopause.

Pas lagi nggak menstruasi, biasanya seorang cewek yang aktif secara seksual bakal berpikir kalau dirinya hamil. Sebenarnya di usia produktif, penyebab utama menstruasi nggak teratur itu macam-macam. Ada faktor tertentu yang bisa menyebabkan siklus menstruasi jadi tertunda atau nggak teratur, yaitu:

  • Berat badan turun atau bertambah secara drastis
  • Gangguan pola makan, seperti anorexia atau bulimia
  • Terlalu banyak berolahraga
  • Stres
  • Sakit (gangguan saluran pembuangan, TBC, gangguan hati)
  • Perjalanan yang bikin capek
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
  • Kadar hormon yang nggak seimbang
  • Penggunaan obat tertentu
  • Gangguan pada ovarium yang menyebabkan tindakan pembedahan, kemoterapi atau radiasi ke area perut dan panggul
  • Menyusui

Hal penting yang perlu diingat kalau menstruasimu tiba-tiba tertunda atau nggak teratur adalah JANGAN PANIK. Sebaliknya, kamu harus berusaha untuk relaks, menyeimbangkan emosi dan aktivitas fisik. Cara ini bisa membuat kadar hormon di dalam tubuhmu kembali seimbang. Kalau hormon udah seimbang, maka siklus menstruasi juga bakal kembali normal. As simple as that, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka juga tau penyebab dari siklus menstruasi yang nggak teratur!

Related Articles

Adulthood
14 Nov 2020

Kamu Mengalami PMS? Ikuti Langkah Berikut!

PMS atau Premenstrual Syndrome atau premenstrual syndrome adalah kumpulan gejala fisik, psikologis d...
Adulthood
11 Nov 2014

Kayak Gimana Sih PMS yang Nggak Normal?

       PMS! Siapa sih yang nggak tau PMS? Tiap bulan kamu pasti merasakan yan...
Adulthood
20 Jul 2019

Hidung Berdarah Saat Menstruasi, Kenapa ya?

Kamu pernah mengalami hidung berdarah saat menstruasi nggak, Girls? Mungkin bukan hal yang umum, tap...