ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apa Hubungannya Keteraturan Menstruasi Sama Kesuburan?

Apa Hubungannya Keteraturan Menstruasi Sama Kesuburan?

22 May 2019

Apa Hubungannya Keteraturan Menstruasi Sama Kesuburan?

        Fyi nih Girls, kalau umur kamu masih di bawah 20 tahun, kamu nggak perlu takut kalau siklus menstruasimu belum teratur. Siklus menstruasi yang nggak teratur itu emang biasa dialami di usia remaja, dan masih termasuk normal kok. Karena di usia ini, kadar hormon reproduksi belum diproduksi berimbang dan cukup buat mengatur siklus menstruasi secara tetap. Tapi, kalau umur kamu udah lebih dari 20 tahun, maka siklus menstruasimu bakalan teratur dengan sendirinya. Nah, makanya nggak heran kalau kondisi ini yang bikin muncul pertanyaan tentang kesehatan reproduksi dan kesuburan.

  • Penyebab menstruasi yang nggak teratur

Kondisi ini bisa terjadi karena sel telur udah matang tapi nggak pecah (ovulasi) atau nggak ada sel telur yang matang. Jadi, nggak ada hormon progesteron yang bisa memicu luruhnya selaput dinding di dalam rahim. Biasanya kasus ini terjadi karena masalah gangguan hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau radang dan infeksi. Kalau kamu udah melewatkan siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut, mending kamu buruan ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

  • Menstruasi yang nggak teratur menandakan nggak subur dan susah hamil

Menstruasi yang nggak teratur emang biasanya disebabkan karena masalah hormon yang nggak seimbang. Tapi, supaya kamu lebih yakin lagi, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan apa benar terjadi siklus anavulasi (sel telur yang nggak terlepas). Karena siklus itulah yang bisa menjadi penyebab dari susah hamil. Tapi kamu nggak usah khawatir, kalau kamu menjalani terapi yang dilakukan sejak dini, gangguan ini bisa cepet disembuhkan kok.

        Sekarang jadi lebih jelas kan, kalau siklus menstruasi yang nggak teratur sebenernya nggak berhubungan langsung sama ketidaksuburan. Tapi, pasti disebabkan sama kadar hormon reproduksi yang nggak seimbang.

         Nah Girls, share artikel ini ke temen-temen cewek kamu, yuk! Supaya mereka juga bisa tau tentang info penting ini.

Related Articles

Adulthood
10 May 2021

Bener ga sih, Vaksin Covid-19 Bikin Siklus Menstruasi Jadi Gak Teratur?

Hai girls, kamu tentu udah gak sabar pengen dapat giliran vaksin Covid-19 dari pemerintah kan? Eh ta...
Adulthood
21 Oct 2022

Ingin Tubektomi? Pelajari Efek Sampingnya Dulu, yuk!

Bisa dibilang, tubektomi adalah metode kontrasepsi yang paling efektif untuk mencegah kehamilan. Soa...
Adulthood
14 Jun 2019

Kenapa Muncul Bercak Setelah Menstruasi?

Kamu pernah nggak sih, Girls, mengeluarkan bercak-bercak setelah beberapa hari selesai menstruasi? K...