Apa Benar Endometriosis Ada Hubungannya Sama Kecapekan?
ask dr laurier

Apa Benar Endometriosis Ada Hubungannya Sama Kecapekan?

Apa Benar Endometriosis Ada Hubungannya Sama Kecapekan?

29 May 2019

Apa Benar Endometriosis Ada Hubungannya Sama Kecapekan?

Pernah dengar endometriosis? Endometriosis adalah gangguan kesehatan reproduksi akibat adanya jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar dari dinding rahim itu sendiri. Gejala umum yang biasanya dialami sama penderita endometriosis adalah rasa nyeri yang nggak karuan tiap kali menstruasi dan gejala lainnya adalah kecapean. Endometriosis bisa menyebabkan kecapean yang akut dan biasanya malah ngeganggu aktivitas sehari-hari bagi pengidapnya. Sayangnya, gejala ini cenderung kelewat dari pengamatan dokter sehingga nggak ditangani dengan segera.

Bagi kebanyakan cewek yang menderita endometriosis, tidur adalah satu-satunya cara buat mengatasi rasa capek mereka. Tapi, sebenarnya ada cara-cara lain yang bisa dilakukan buat mengurangi rasa capek itu, selain tidur. Capek cuma gejala utama yang menandakan kalau tubuh lagi “berperang” ngelawan gangguan kesehatan yang dialami. Capek adalah sistem alami tubuh yang bikin kita stop beraktivitas dan milih untuk istirahat, jadi tubuh bisa ngumpulin energi lagi dan “menangin” perang tersebut.

Kita sebenernya bisa ngebantu tubuh buat ngumpulin energi itu, dengan beberapa cara di bawah ini:

  1. Minum air

Penuhi kebutuhan cairan tubuh kamu sebagaimana mestinya. Sel-sel tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya, akan lebih seger sehingga tubuh nggak gampang capek.

  1. Relaksasi

Salah satu pemicu kecapean adalah penderitaan menahan rasa sakit yang udah lama berlangsung. Kondisi ini sebaiknya disiasati dengan aktivitas yang bikin kamu ngerasa seneng, misalnya; melakukan hobi. Fokus perhatian yang teralihkan bisa bikin penderita endometriosis ngeliat sesuatu di luar dirinya dengan cara yang menyenangkan, jadi mereka bakalan lebih rileks untuk mengatasi rasa capeknya.

  1. Berolahraga

Tubuh punya mekanisme alami untuk ngelawan rasa sakit, depresi dan capek; yaitu dengan melepaskan hormon endorfin. Jenis hormon ini cuma diproduksi secara optimal kalau kita berolahraga; ngajak tubuh untuk bergerak. Jadi, sebaiknya kita rajin berolahraga supaya tubuh bisa ngelawan rasa capek itu.

  1. Makanan

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat, diketahui bisa meningkatkan energi dan daya kekebalan tubuh, jadi tubuh nggak bakalan gampang capek. Jenis makanan yang disarankan adalah serat dari sayuran hijau dan kacang-kacangan, plus protein dari ikan.

Nah, itu dia empat langkah jitu buat ngelawan rasa capek yang dialami sama penderita endometriosis. Cara ini juga bisa kamu terapkan buat mengatasi rasa lemas dan capek pas menstruasi kamu lagi deras-derasnya, lho! Selamat mencoba ya, Girls..

Related Articles
Adulthood
29 Oct 2019

Pakai Pantyliner, Nggak Repot Cuci Undies!

Pas lagi mandi sore, pasti kamu nggak jarang menemukan noda pada celana dalammu, akibat produksi cai...
Adulthood
19 Sep 2019

Yuk, Lebih Aware Sama Siklus Menstruasimu!

Girls, ada info tambahan buat kamu nih! Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh the Endocrine Society...
Adulthood
01 Nov 2019

5 Penyebab Iritasi Miss V Gampang Dialami Saat Menstruasi

Saat menstruasi, area kulit di sekitar miss V perlu perhatian ekstra lho, Girls! Memangnya kenapa? H...