Anti “Tembus” Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Anti “Tembus” Saat Menstruasi

Anti “Tembus” Saat Menstruasi

29 May 2019

Anti “Tembus” Saat Menstruasi

Salah satu hal yang dicemaskan saat menstruasi adalah, tembus pas lagi seru-serunya beraktivitas. Betul nggak, Girls? Nah, hal ini ternyata memang biasa dialami kalau kamu masih di usia remaja. Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa hal, misalnya telat ganti pembalut, nggak benar memasang pembalut, atau karena memang aliran darah menstruasimu tiba-tiba deras alias banyak. Tapi, karena kondisi ini biasanya nggak diduga, cewek pasti bakalan jadi ribet deh!

Fyi, Girls, aliran darah setiap kali menstruasi ternyata bisa kamu prediksi sendiri lho. Jadi kamu bisa siap-siap untuk menghindari “tembus” pas lagi menstruasi. Mau tau nggak caranya?

  • Tandai hari pertama menstruasi

Kalau kamu melihat ada bercak darah, pasti kamu langsung buru-buru pake pembalut kan? Sebenarnya ada hal lain yang nggak kalah penting lho, Girls, yaitu menandai di catatanmu. Hari pertama menstruasi itu dihitung mulai dari bercak pertama muncul. Bukan pas darah menstruasimu terasa mengalir atau keliatan banyak.

  • Catat volume darah yang keluar

Kalau kamu udah tau hari pertama menstruasimu, kamu juga harus buat catatan untuk aliran darah yang keluar selama menstruasi. Kamu bisa kategorikan, seperti:

  1. Flek: kalau cuma keliatan bercak-bercak aja.
  2. Perdarahan ringan: kalau darah relatif sedikit, tapi lebih banyak dari bercak.
  3. Perdarahan normal: kalau kamu mengganti pembalut minimal setiap 4 jam sekali.
  4. Perdarahan berat: kalau kamu perlu mengganti pembalut sebelum 4 jam, karena darah yang keluar udah memenuhi permukaan pembalut.

Biasanya aliran darah menstruasi menderas pada awal, lalu setelah dua atau tiga hari, aliran darah berkurang sedikit demi sedikit sampai benar-benar selesai. Kalau pada catatan hari pertama menstruasimu cuma terlihat bercak aja di pagi hari, dan siang hari darah udah deras, atau misalnya darah menstruasi baru terlihat banyak di hari ketiga, hal itu bakal terus terjadi setiap kali kamu menstruasi. Karena pola aliran darah biasanya bakal selalu sama setiap menstruasi. So, kamu bisa langsung siap-siap mengantisipasi supaya nggak “tembus”.

Tapi, setiap cewek punya pola aliran darah menstruasi yang beda-beda, Girls. Hal ini karena aliran darah menstruasi sifatnya individual, atau khas pada setiap cewek, sama juga kayak siklus menstruasi.

Mulai sekarang kamu udah bisa prediksi sendiri gimana pola aliran darah menstruasimu nih. Jadi, kamu bisa siap siaga supaya nggak ada darah yang bakal bikin kotor pakaianmu. Kamu juga bisa beraktivitas dengan nyaman deh! Enjoy your red day, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka nggak bakal mengalami “tembus” pas lagi menstruasi!

Related Articles

Adulthood
18 Sep 2019

Siklus Menstruasimu Nggak Teratur? Hati-hati Kena Kanker Ovarium!

Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan para peneliti di Public Health Institute of Berkeley...
Adulthood
03 Dec 2019

Bebas Masalah, Bebas Beraktivitas!

Kamu pasti sering merasa sakit perut dan nyeri payudara pas lagi menstruasi, benar nggak, Girls? Bel...
Adulthood
29 Jun 2021

Vagina Kamu Sering Gatal? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Pernah gak kamu merasa gatal di vagina saat sedang menstruasi? Duh, rasanya pasti gak nyaman banget ...