Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

04 Oct 2019

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Kalau ada bercak-bercak darah yang muncul di luar periode menstruasi pasti bikin kamu panik, betul nggak, Girls? Tapi, kalau terjadi pas banget setelah kamu menstruasi, itu artinya bukan gejala sesuatu yang serius kok. Apalagi kalau kamu mengalaminya setelah aktivitas fisik yang cukup intens, misalnya berolahraga.

Saat darah menstruasi mengalir ke luar tubuh pas kamu lagi menstruasi, pasti akan selalu ada sel darah yang menempel di saluran vaginamu. Seharusnya sel darah tersebut langsung dibersihkan oleh cairan vagina setelah menstruasimu selesai. Tapi, memang bisa aja ada yang masih menempel, sehingga pada saat tubuhmu lagi bergerak intens pas berolahraga, sel darah itu “terlepas” dan ikut keluar bersama dengan cairan vagina. Makanya, terlihat seperti bercak-bercak.

Sebenarnya, normal atau nggak bercak-bercak yang dialami setelah berolahraga, tergantung banget sama lama menstruasimu sebelumnya berlangsung. Misalnya, menstruasi yang dialami cuma 3 hari, maka kalau masih terlihat bercak darah setelah dua hari menstruasi selesai itu sangatlah wajar.

Menurut Dr. Mary Jane Merkin, yang menuliskan hasil penelitiannya dalam buku “A Woman's Guide to Sexual Health”, penyebab lain seorang perempuan mengalami bercak-bercak darah di luar periode menstruasi adalah kalau dia menggunakan pil kontrasepsi. Bercak-bercak darah akan dialami, bahkan sepanjang bulan pertama. Ini adalah hal yang wajar. Tapi, kalau bercak-bercak tersebut terus berlangsung, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter.

Nah, ternyata penyebab keluarnya darah sehabis kamu olahraga itu karena sel darah yang masih menempel di saluran vaginamu, Girls. Asalkan kamu mengalaminya nggak terlalu lama setelah menstruasimu berlangsung, maka kondisi ini masih tergolong wajar. So, be aware, dears!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga bisa tau info ini!

Related Articles

Adulthood
21 Jun 2019

4 Cara untuk Memastikan Masa Suburmu!

Pas kamu sama pasanganmu lagi merencanakan kehamilan, kamu harus punya pengetahuan yang banyak lho, ...
Adulthood
21 Jun 2019

Kram Menstruasi Ternyata Bisa Pengaruhi Otak, lho!

Kamu tau nggak, Girls, kalau kram menjelang atau di awal menstruasi itu dikenal dengan Primary Disme...
Adulthood
29 May 2019

6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina

Girls, kamu harus hati-hati lho, ternyata kelembapan yang dialami kulit sekitar vagina pas lagi mens...