9 Hal yang Bikin Menstruasimu Terganggu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

9 Hal yang Bikin Menstruasimu Terganggu

9 Hal yang Bikin Menstruasimu Terganggu

14 Jun 2019

9 Hal yang Bikin Menstruasimu Terganggu

Kalau menjelang atau saat menstruasi pasti kamu sering mengalami berbagai gangguan yang kadang bikin bete, karena aktivitasmu jadi terganggu. Bener nggak, Girls? Gangguan menstruasi yang kamu alami ini ternyata disebabkan oleh hormon reproduksi yang nggak seimbang. Jenis gangguan yang dialami biasanya beda-beda, bisa aja kayak siklus menstruasi yang tadinya teratur malah jadi mundur atau maju, perdarahan banyak banget, atau malah perdarahan berlangsung lama tapi volumenya sedikit banget.

Tapi nggak cuma karena hormon reproduksi aja, ternyata ada juga beberapa pemicu yang disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu aktivitas dan gaya hidup. Di antaranya:

  • Menyusui. Memberikan ASI bisa menunda kadar hormon reproduksi kembali seimbang setelah persalinan, terutama pada usia bayi baru dan masa menyusui eksklusif.

  • Berat tubuh yang naik atau turun secara drastis

  • Gangguan pola makan, seperti anorexia nervosa yang membuat tubuh jadi sangat kurus

  • Stres, akibat kejadian tertentu atau pekerjaan

  • Gangguan kesehatan serius

  • Penggunaan obat-obatan yang mengandung hormon

  • Kontrasepsi hormonal

  • Kurang istirahat malam

Walaupun begitu, gangguan menstruasi yang disebabkan oleh gaya hidup ini, sebenarnya gampang banget untuk ditangani lho, Girls. Kalau kamu udah tau pemicunya dan ditangani dengan cepat, maka kadar hormon reproduksi pasti bakal seimbang lagi. Sehingga, siklus menstruasimu pun tetap normal!

Share info ini ke teman-teman dekatmu, yuk, supaya siklus menstruasinya juga nggak terganggu!

Related Articles

Adulthood
11 Sep 2019

Olahraga Memperparah Endometriosis?

Udah nggak aneh lagi kalau penderita endometriosis bakal mengeluhkan soal nyeri perut yang hebat. Ko...
Adulthood
10 Jul 2019

Rambut yang Lain, Apa tuh?

Jangan kaget, Girls! Kalau kamu udah pubertas, emang bakal banyak ‘rambut’ baru yang tum...
Adulthood
26 Aug 2019

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Sebagian besar cewek pasti pernah merasakan nyeri perut yang berhubungan sama menstruasi. Tapi, bias...