6 Tips Mengendalikan Selera Makan Saat PMS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

6 Tips Mengendalikan Selera Makan Saat PMS

6 Tips Mengendalikan Selera Makan Saat PMS

20 Jul 2019

6 Tips Mengendalikan Selera Makan Saat PMS

Setengah jam habis makan siang, kamu udah ngemil cokelat, nggak sampai 10 menit, kamu udah pengen makan yang asin-asin. Duh, kok bisa? Terus kamu sadar, “Ah, minggu depan menstruasi!”. Kamu tau nggak, kekacauan itu sebenarnya dikarenakan kadar hormon stres, kortisol yang cenderung meningkat dan hormon serotonin yang berfungsi menenangkan menjadi sangat rendah. Kondisi ini mengirimkan sinyal pada otak bahwa tubuh membutuhkan karbohidrat, yang biasanya disuplai oleh makanan manis dan berlemak. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan berlemak bisa bikin berat badanmu jadi bertambah lho, Girls!

Nah, kamu nggak mau kan, dorongan makan dan ngemil yang meningkat saat PMS bikin berat badanmu bertambah? So, berikut tipsnya supaya selera makanmu tetap terkendali pas menstruasi!

  • Makan lebih sering dengan porsi kecil. Atur jadwal makanmu menjadi enam kali sehari, dengan jarak waktu setiap tiga jam, sehingga tubuh memiliki energi.

  • Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diolah dan diserap, sehingga memberikan sensasi kenyang lebih lama.

  • Konsumsi protein cukup banyak, supaya bisa menjaga keseimbangan kadar gula di dalam darah, dan memperlambat proses pencernaan. Jenis protein yang baik ada pada telur, ayam, ikan dan selai kacang.

  • Relaks. Ketika tubuh stres, maka dorongan makan justru semakin meningkat. Jadi, pastikan melakukan relaksasi setiap kali dorongan makan mulai meningkat.

  • Sinar matahari. Kurang terkena sinar matahari bisa menyebabkan kadar serotonin turun, kondisi ini bisa membuat selera makan meningkat. Jadi, pastikan untuk sempat berada di bawah sinar matahari ya, Girls!

  • Olahraga. Saat tubuh bergerak aktif, maka endorfin akan diproduksi. Endorfin ini bisa menekan selera makanmu. Tapi sebenarnya bukan cuma olahraga aja lho, melakukan pekerjaan sehari-hari juga bisa membantu meningkatkan produksi endorfin. Jadi, jangan malas bergerak!

Fakta yang nggak kalah penting adalah pada saat PMS, bukan cuma dorongan ngemil aja yang meningkat, tapi kemampuan metabolisme tubuh juga bakal ikut meningkat. Jadi sekalipun mengemil, tubuh akan membakar 100 kal tambahan per hari. Nah, kalau kamu bergerak, berarti semakin banyak kalori yang terbakar. So, mulai sekarang kamu harus lebih aktif bergerak pas PMS supaya kalori di tubuhmu lebih banyak yang terbakar ya, Girls!

Kalau kamu punya tips lain mengatasi selera makan yang meningkat pas PMS, share di kolom komentar, ya! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau gimana caranya mengendalikan selera makan yang baik pas PMS!

Related Articles

Adulthood
16 Nov 2022

Apa Itu Psoriasis Vagina? Berbahayakah?

Perawatan organ intim pada wanita sangat penting dilakukan guna menjaga area kewanitaan tetap sehat....
Adulthood
27 Sep 2019

Zat Besi Bantu Atasi PMS

Kamu tau nggak, Girls, ternyata para ahli kesehatan udah lama menyebutkan kalau konsumsi mineral-min...
Adulthood
08 Aug 2019

Hindari Hubungan Seksual Saat Menstruasi!

Girls, sampai sekarang masih ada lho, pendapat umum yang bilang kalau melakukan hubungan seksual pas...