6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina
ask dr laurier

6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina

6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina

29 May 2019

6 Langkah Atasi Ruam di Area Vagina

Girls, kamu harus hati-hati lho, ternyata kelembapan yang dialami kulit sekitar vagina pas lagi menstruasi bisa memicu timbulnya ruam-ruam yang bakal terasa sangat gatal. Kondisi ini menandakan terjadinya infeksi, akibat jamur atau bakteri. Ih….pasti nggak nyaman banget, kan?

Langkah yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat anti-infeksi yang tepat. Tapi, sambil menunggu waktu konsultasi dengan dokter, kamu bisa melakukan penanganan yang tepat terhadap ruam tersebut supaya kamu tetap bisa melewati menstruasi dengan nyaman.

  • Jangan digaruk. Ruam di area kulit sekitar vagina bakal terasa sangat gatal, tapi ingat jangan sampai kamu tergoda untuk menggaruknya. Karena bisa terjadi luka terbuka dan memicu lanjutan.

  • Kompres area kulit beruam dengan kompresan panas atau hangat, supaya rasa gatal berkurang.

  • Jangan mandi terlalu lama, karena kulit bakalan lembap dan rasa gatal makin menjadi-jadi. Batasi waktu mandi 20 menit aja, dan jangan pakai sabun yang mengandung pewangi.

  • Setelah mandi atau membersihkan diri setelah pipis dan BAB, bilas area kulit di sekitar vagina, termasuk yang beruam, dengan air bersih. Lalu, keringkan sampai benar-benar kering. Jangan menyekanya karena bisa menyebabkan luka. Kamu cukup tepuk-tepuk area kulit dengan handuk sampai kering.

  • Selalu pakai celana dalam yang bersih setelah mandi. Pastikan celana disetrika sehabis dicuci dan benar-benar kering supaya mengurangi kelembapan atau jamur, bakteri dan virus yang mungkin menempel di sana.

  • Pilih pembalut yang tepat pas lagi menstruasi, supaya nggak menyebabkan kulit area vagina jadi lembap. Jenis pembalut yang dimaksud bukan cuma bisa menampung cairan menstruasi aja, tapi juga harus bisa menjaga kesehatan kulit area kewanitaan. Saat ini, satu-satunya pembalut jenis ini adalah Laurier Healthy Skin. Pembalut ini punya permukaan 3D pori bergelombang yang bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit area kewanitaan. So, pembalutmu pastinya bakal tetap kering, kulit bebas lembap, dan mencegah terjadinya iritasi plus gatal!

Memastikan hal yang memicu vagina gatal adalah langkah penting yang harus kamu lakukan untuk bisa mengatasinya. Makanya, jangan sampai kamu salah mengenali dan nggak tepat menanganinya. So, kamu bisa cari tau lebih lengkap tentang iritasi di www.dontgetirritated.id #DontGetIrritated. Let’s stay healthy, Girls!

Kamu pernah kena iritasi pas lagi menstruasi? Ceritain di kolom komentar, yuk! Share juga info ini ke teman-teman mu ya, supaya mereka nggak bakal kena iritasi pas menstruasi!

Related Articles
Adulthood
30 Jun 2019

Temuan Baru: Ovarium Buatan

Girls, ada kabar bahagia buat kamu, lho! Apa ya? Para peneliti di Belgia ternyata berhasil melakukan...
Adulthood
06 Dec 2019

Kista Itu Bisa Tumbuh Dimana Aja sih?

Kamu pasti sudah nggak asing lagi kalau mendengar kata “kista”, benar nggak, Girls? Tapi...
Adulthood
19 May 2021

Solusi Tetap Aktif Pas Lagi Menstruasi Ekstra Deras

Mengalami hari-hari menstruasi yang ekstra deras memang menyebalkan ya girls. Apalagi kalau dibareng...