ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Nutrisi untuk Menjaga Siklus Menstruasi

5 Nutrisi untuk Menjaga Siklus Menstruasi

19 Sep 2019

5 Nutrisi untuk Menjaga Siklus Menstruasi

Kamu pasti udah tau pentingnya keteraturan siklus menstruasi untuk kesehatanmu kan, Girls? Makanan adalah salah satu komponen penting supaya siklus menstruasimu tetap teratur. Makanya, kamu harus tau makanan apa aja yang baik dikonsumsi biar siklus menstruasimu nggak terganggu. Nah, ada beberapa jenis makanan yang memang sebaiknya kamu konsumsi secara rutin untuk menjaga keseimbangan hormon dan keteraturan siklus menstruasimu. Apa aja ya?

  • Makanan mengandung zat besi

Zat besi adalah jenis mineral yang dibutuhkan darah saat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Saat terjadi perdarahan menstruasi, secara bersamaan zat besi juga keluar dari tubuhmu. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan perempuan mengalami kekurangan zat besi seminggu setelah menstruasi. Gejala yang dialami adalah lemas, dan ingin banyak makan atau mengemil. Makanya, disarankan banget supaya seminggu sebelum sampai seminggu setelah menstruasi, kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti daging sapi, bayam, sayur-sayuran berdaun hijau tua, kerang-kerangan, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, dan jamur.

  • Lemak sehat

Lemak adalah unsur penting dalam makananmu. Lemak membuat organ tubuhmu jadi sehat, kulit bercahaya, otot kuat, dan kamu bakal tetap bertenaga sehingga bisa lebih aktif. Lemak penting banget untuk mengatur siklus menstruasimu. Lemak sehat nggak cuma memberikan kalori sehat pada tubuh aja, tapi juga membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E dan K, sehingga tubuhmu bisa memproduksi hormon yang sehat.

  • Cokelat asli

Cokelat asli terkenal karena mengandung zat besi yang sangat tinggi. Selain itu, diketahui juga kaya magnesium dan mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan susu sapi. Cokelat asli juga punya kandungan antioksidan 40% lebih banyak daripada blueberry. Jenis makanan super ini perlu dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan menstruasi, keseimbangan hormon, energi tubuh, kelancaran sirkulasi darah dan kesehatan kulit. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkan satu sendok teh cokelat asli ke dalam smoothies yang kamu buat, atau menggunakan cokelat asli saat membuat puding.

  • Evening primrose oil

Jenis minyak atsiri ini bagus banget untuk kesehatan organ reproduksimu lho, Girls. Evening primrose oil bisa membantu leher rahim memproduksi lendir yang sehat, mencegah terjadinya peradangan dan kelelahan. Nggak cuma itu aja, minyak ini juga bisa membuat rahimmu jadi sehat dan terhindar dari nyeri menstruasi. Mengonsumsi minyak ini setiap hari akan membuat kulitmu terlihat lebih bercahaya dan sehat. Evening primrose oil bisa kamu beli dalam bentuk kapsul di apotek ya, Girls!

  • Cuka apel cider

Jenis makanan ini penting banget buat kesehatan perempuan. Cuka apel cider bisa membantu kadar pH jadi seimbang, membunuh bakteri dan jamur yang sering banget menyebabkan gangguan selama menstruasi. Cuka apel cider juga mengandung kadar zat besi, potasium, kalsium dan magnesium yang sangat tinggi, Girls! Semua unsur ini sangat dibutuhkan tubuhmu untuk memproduksi darah dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel cider ini dengan cara mencampurkannya 1 – 2 sendok teh ke dalam satu gelas air setiap hari.

Supaya siklus menstruasimu tetap teratur dan hormonmu selalu seimbang, mulai sekarang coba mengonsumsi makanan-makanan di atas dengan teratur yuk, Girls! Kalau menstruasimu nggak terganggu, pasti kamu juga bisa menjalani hari-hari menstruasimu jadi lebih nyaman plus happy! Let’s try it, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa menjaga siklus menstruasinya!

Related Articles

Adulthood
04 Oct 2019

Cerita Pendek Tentang Keputihan

Kamu pasti sering dengar kata “keputihan” kan, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, keputihan...
Adulthood
17 Oct 2019

Cepat Menstruasi, Cepat Menopause

Para ahli dari 4 negara, yaitu Australia, Inggris, Denmark dan Jepang bergabung dan meneliti tentang...
Adulthood
30 Aug 2019

Hati-hati, Vagina Juga Bisa Kena Kanker lho!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata kanker atau perubahan sel tubuh dari jinak menjadi ganas bisa di...