5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pas Lagi Menstruasi
ask dr laurier

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pas Lagi Menstruasi

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pas Lagi Menstruasi

02 Jul 2019

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Pas Lagi Menstruasi

Girls, kamu sadar nggak, kalau kebiasaan atau rutinitas selama menstruasi yang kamu anggap normal, ternyata mungkin aja termasuk sebagai kesalahan yang bisa memicu gangguan kesehatan reproduksi, lho. Terus gimana dong? Nah, supaya hal ini nggak terjadi dan kesehatan reproduksimu tetap prima, sebaiknya kamu jangan sampai melakukan hal-hal berikut:

  • Berhenti olahraga

Olahraga nggak cuma bisa meredakan stres dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh aja, tapi juga sangat membantu untuk meredakan kram dan meningkatkan kualitas tidurmu. Para ahli kebugaran menyarankan supaya berolahraga minimal 30 menit sehari, selama lima hari dalam seminggu. Hal ini tetap harus dilakukan walaupun kamu lagi menstruasi lho, Girls! Kenapa ya? Karena kalau kamu rajin berolahraga, maka risiko mengalami PMS yang parah juga bakal berkurang. Tapi walaupun begitu, sebaiknya jangan melakukan gerakan-gerakan yang melebarkan pangkal paha secara berlebihan, karena bisa menyebabkan kram pada perut bagian bawah. So, jalan kaki dan renang juga udah cukup kok! Simple, kan?

  • Malas ganti pembalut

Semakin lama kamu menunda untuk mengganti pembalut, maka semakin aktif bakteri di area yang lembap itu. Makanya, para ahli menyarankan supaya segera mengganti pembalut paling lama setiap empat jam, supaya nggak memicu aktivitas bakteri yang bisa menginfeksi kulit di area vagina selama menstruasi.

  • Memakai produk beraroma

Aroma darah menstruasi itu unik. Nggak heran kalau ada yang merasa nggak nyaman dan berusaha untuk mencegah supaya aroma itu nggak menyebar dengan memakai produk berpewangi. Eits, tapi kamu nggak boleh melakukan cara ini, lho! Produk berpewangi mengandung unsur kimia yang justru bisa memicu iritasi dan membuat bakteri penyebab infeksi ragi menjadi aktif. Dampaknya adalah infeksi di dalam saluran vagina yang harus diobati secara serius. Kamu nggak mau kan, hal ini sampai terjadi sama kamu?

  • Kurang tidur

Pas lagi menstruasi, kebanyakan cewek mengalami kram yang bikin jadi nggak nyaman dan gelisah saat tidur malam. Nggak cuma itu aja, kadar hormon yang berubah-ubah juga bisa memicu gangguan tidur. Akibatnya, tubuhmu jadi gampang merasa nyeri, sehingga PMS bakal semakin terasa. Sangat disarankan supaya kamu mencari cara yang tepat untuk mendorong rasa ngantuk itu muncul.

  • Terlalu banyak minum kopi atau teh

Kurang tidur, nyeri dan moody, menyebabkan sebagian cewek berpikir untuk meminum kopi atau teh supaya merasa lebih segar. Kalau cuma satu atau dua gelas sehari mungkin nggak masalah. Tapi jangan sampai lebih dari itu, karena terlalu banyak mengonsumsi kafein pas lagi menstruasi bisa menyebabkan dehidrasi dan malah bikin nyeri PMS jadi semakin terasa.

Di antara lima hal di atas, ada nggak yang pernah kamu lakukan pas lagi menstruasi? Kalau ada, berarti mulai sekarang kamu jangan melakukannya lagi ya, Girls! Kamu juga harus mensiasati supaya menstruasimu bisa berlangsung lebih nyaman, tanpa risiko gangguan kesehatan reproduksi.

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga bisa tau apa aja yang nggak boleh dilakukan pas lagi menstruasi!

Related Articles
Adulthood
18 Aug 2022

Adakah Hubungan antara Sakit saat Menstruasi dengan Kesuburan?

Kram perut merupakan hal umum yang dirasakan oleh perempuan saat sedang masa menstruasi. Tingkatan r...
Adulthood
07 Oct 2019

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

Fyi nih, Girls, pada tahun pertama kamu mengalami menstruasi, biasanya darah menstruasi yang keluar ...
Adulthood
30 Jun 2019

Kata Siapa, Kista Rahim Bisa Menyebabkan Keguguran?

Girls, kamu pernah dengar nggak kalau kista rahim itu bisa menyebabkan keguguran? Ternyata selama in...