5 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kesehatan Reproduksi
ask dr laurier

5 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kesehatan Reproduksi

5 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kesehatan Reproduksi

05 Sep 2019

5 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Kesehatan Reproduksi

Girls, kamu harus tau nih, kalau kebiasaan dan perilaku yang mengutamakan kesehatan reproduksi perlu selalu diingat dan dilakukan lho! Kenapa ya? Karena kalau nggak, ternyata bisa menyebabkan gangguan kesehatan untuk diri sendiri atapun orang lain di sekitarmu. Nah, berikut ini beberapa hal yang mungkin pernah kamu lakukan dan bisa membahayakan kesehatan reproduksi:

  • Nggak memerhatikan kondisi steril pembalut

Saat membeli, menyimpan dan menggunakan pembalut, hal yang penting diperhatikan adalah kondisi sterilnya. Kemasan harus tertutup rapat, dan kamu harus memegangnya dengan tangan yang udah dicuci. Alasannya adalah kalau ada bakteri yang menempel pada pembalut, bakal gampang banget memicu infeksi di area vagina atau saluran kemihmu.

  • Jarang ganti pembalut

Pembalut yang terlalu lama dipakai akan cenderung lembap, dan bisa menyebabkan iritasi pada permukaan kulit. Kalau terjadi luka terbuka akibat iritasi di area kulit sekitar vaginamu, maka luka itu akan gampang banget terinfeksi.

  • Membersihkan dari arah belakang ke depan

Cara ini jadi jalan perpindahan bakteri dari saluran pembuangan di bagian belakang, ke area genital di bagian depan, tempat vagina dan saluran kemih berada.

  • Buang pembalut sembaragan

Pembalut sebaiknya dibersihkan dan dikemas rapat terlebih dulu, sebelum dibuang ke tempat sampah supaya nggak terbuka. Membuang pembalut tanpa membersihkan atau mengemasnya dengan baik bakal berisiko menularkan infeksi tertentu seperti hepatitis B, kalau terkandung dalam darah seseorang.

  • Nggak cuci tangan setelah ganti pembalut

Kalau ternyata ada virus hepatitis di dalam darahmu, dan kamu nggak langsung mencuci tangan setelah mengganti pembalut, maka kondisi ini bisa memicu menyebarnya infeksi virus tersebut.

Dari kelima hal di atas, ada yang pernah atau sering kamu lakukan nggak, Girls? Kalau ada, lebih baik segera ubah kebiasaanmu itu ya, supaya kesehatanmu tetap terjaga! Nggak cuma itu aja lho, dengan mengubah kebiasaanmu itu, kamu juga menjaga kesehatan orang-orang di sekitarmu! Be smart and get healthy, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau pentingnya menjaga kesehatan reproduksi!

Related Articles
Adulthood
28 Jun 2019

Jangan Anggap Sepele Menstruasi yang Nggak Teratur!

Girls, menstruasimu nggak teratur? Hati-hati lho, jangan sampai kamu anggap kondisi ini cuma masalah...
Adulthood
10 Oct 2019

Heavy Flow atau Menorrhagia?

Sepanjang siklus menstruasi, bisa jadi ada waktu di mana kamu bakal mengalami perdarahan menstruasi ...
Adulthood
23 Oct 2019

Bersih-bersih Kulit di Area Miss V

Kamu tau nggak sih, sebenarnya sama seperti bagian dalam vagina, bagian kulit di area luar vagina ju...