5 Hal yang Bisa Mengganggu Tidurmu Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Hal yang Bisa Mengganggu Tidurmu Saat Menstruasi

5 Hal yang Bisa Mengganggu Tidurmu Saat Menstruasi

25 Jun 2019

5 Hal yang Bisa Mengganggu Tidurmu Saat Menstruasi

Kamu pernah mengalami susah tidur pas menjelang dan selama menstruasi nggak, Girls? Hal ini sebenarnya wajar sih, karena hormon dalam tubuhmu sedang berubah-ubah, jadi kerja sistem pengendali tidur juga terpengaruh. Kurang tidur bisa bikin kamu jadi nggak fokus, sehingga kamu gampang melakukan kesalahan. So, biar nggak kejadian, kamu perlu tau pemicunya dan mengatasinya secara tepat, Girls. Apa aja, ya?

  1. Kepanasan

Setelah mengalami ovulasi, sampai mengalami menstruasi berikutnya, suhu tubuhmu bakal meningkat senggaknya 0,5 derajat. Keliatannya cuma dikit ya, Girls? Tapi ternyata hal ini bisa bikin kamu merasa kepanasan, lho. Padahal, tubuh baru siap diajak tidur kalau mencapai titik terendah. Terus gimana, dong? Nah, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut:

  • Dinginkan suhu kamar menjelang tidur, misalnya pakai kipas angin atau AC
  • Mandi air hangat supaya suhu tubuh meningkat
  • Pas masuk ke kamar yang dingin, maka suhu tubuhmu bakal langsung turun. Biasanya kamu juga bakal langsung merasa ngantuk dan tertidur.
  1. Pegal

Rasa nggak nyaman pas lagi menstruasi yang muncul karena tubuh terasa pegal, biasanya menyebabkan kamu jadi susah tidur. Kamu bisa mengatasi rasa pegal dengan pijat, serta menggosokkan minyak hangat dan minum teh chamomile supaya tubuhmu jadi terasa lebih relaks.

  1. Sakit perut

Nyeri perut pas lagi menstruasi terjadi karena otot perut berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kondisi ini bisa kamu tangani dengan cara:

  • Minum obat pereda nyeri khusus untuk menstruasi
  • Kompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat, dan pakai aromatherapy supaya tubuhmu lebih relaks
  • Ubah posisi tidur supaya mengurangi tekanan pada satu sisi perut aja
  • Taruh bantal di bagian punggung biar otot tubuh lebih relaks dan gampang diajak beristirahat
  1. Gelisah

Setelah berovulasi, hormon progesteron di dalam tubuh bakal meningkat, yang menyebabkan kontrol emosimu jadi terganggu. Biasanya kamu bakal merasa cemas, gelisah, bahkan kadang jadi gampang sedih. Kondisi kayak gini bisa kamu atasi dengan melakukan yoga atau latihan pengaturan napas saat menjelang tidur malam. Sebaiknya, kamu juga jangan istirahat terlalu lama di siang hari, supaya tubuhmu terasa capek dan gampang tidur di malam harinya.

  1. Gangguan pencernaan

Perubahan kadar hormon dan pengumpulan cairan di rongga perut bisa memicu diare, mual dan kembung, yang biasanya kamu rasakan pas lagi menstruasi. Kondisi ini bisa menganggu tidurmu, karena diare bakal membuatmu bolak-balik ke kamar mandi sepanjang malam. Kalau kamu terus mengalaminya setiap menstruasi, kamu bisa mencoba lakukan hal ini untuk mencegahnya:

  • Jangan makan terlalu banyak menjelang tidur
  • Makan dalam porsi kecil, tapi sering
  • Lengkapi makan malam dengan pisang atau almond untuk mengurangi kemungkinan diare

Nah, sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya supaya kamu nggak susah tidur malam pas lagi menstruasi? Yuk, coba lakukan mulai sekarang biar waktu tidurmu cukup dan tetap aktif esok harinya! Have a good rest, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya waktu tidur mereka nggak terganggu pas lagi menstruasi!

Related Articles

Adulthood
01 Aug 2019

4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

Girls, jangan pernah anggap sepele kalau kamu mengalami masalah menstruasi yang membuatmu tersiksa y...
Adulthood
30 Oct 2019

Pakai Pantyliner Tiap Hari, Boleh kok!

Kamu pernah dengar kabar kalau pantyliner nggak boleh dipakai setiap hari karena akan menyebabkan ga...
Adulthood
15 Dec 2021

Cara Mengencangkan Otot Panggul Agar Gairah Seks Meningkat

Tahukah kamu ada cara mudah untuk membuat gairah seks meningkat? Salah satunya adalah dengan mengenc...