5 Gejala PMS yang Nggak Populer
ask dr laurier

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

27 Sep 2019

5 Gejala PMS yang Nggak Populer

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama gejala PMS seperti sakit kepala, sakit perut, berat badan naik, dan moody kan, Girls? Kondisi ini memang dibenarkan oleh para ahli dari American College of Obstetricians and Gynecologists bahwa minimal satu dari gejala-gejala itu dialami sama perempuan. Tapi, sebenarnya ada beberapa gejala PMS lain yang terjadi dan sering banget nggak disadari lho. Mungkin aja kamu pernah mengalaminya nih, Girls. Apa aja ya?

  • Nggak seimbang dan kaku

Menjelang menstruasi, hormon estrogen dan progesteron berada di level paling rendah. Kondisi ini memengaruhi koordinasi gerak tubuhmu. Akibatnya kamu jadi kurang seimbang, sehingga sering mengalami kecelakaan kecil dan merasa pusing.

  • Insomnia

Seminggu sebelum menstruasi, suhu tubuhmu biasanya meningkat sampai 0,5 derajat. Sehingga tubuh akan terasa lebih panas, gampang berkeringat dan detak jantung bertambah cepat. Kondisi ini menyebabkan tubuhmu jadi nggak relaks, sehingga membuatmu susah  tidur dan berisiko mengalami mimpi buruk.

  • Gangguan pencernaan

Saat otot rahim berkontraksi meluruhkan selaput dalam dinding rahim, organ lain di dalam rongga perut juga akan ikut terpengaruh. Usus dan kandung kemih akan ikut berkontraksi, sehingga menyebabkan gangguan sering berkemih. Pemicu lainnya adalah kadar progesteron yang rendah bisa memicu terjadinya diare.

  • Pandangan kabur dan berair

Menjelang menstruasi biasanya daya penglihatanmu cenderung menurun atau kabur, dan mata jadi berair. Tapi tenang aja, Girls, karena kondisi ini cuma berlangsung sementara kok.

  • Nggak fokus

Kadar estrogen yang rendah di dalam tubuh menjelang menstruasi, menyebabkan daya ingatmu menurun, sehingga kamu pasti jadi sering lupa dan susah berkonsentrasi.

Dari lima gejala di atas, mana yang pernah atau sering kamu alami nih, Girls? Mulai sekarang kalau kamu mengalami salah satu di antaranya tanpa sebab yang jelas, kamu nggak perlu khawatir lagi ya! Karena kondisi ini adalah alarm tubuhmu yang menandakan kalau kamu akan segera menstruasi. Jangan lupa juga untuk selalu cukupi kebutuhan nutrisimu, olahraga yang teratur, dan istirahat yang cukup supaya siklus menstruasimu tetap teratur.

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka tau kalau lima kondisi ini juga termasuk gejala PMS!

Related Articles
Adulthood
14 Nov 2020

Cara Mengatasi Menstruasi Agar Tidak Sakit

 Girls, kamu sering kesal saat menstruasi datang? Kamu jadi enggak bisa beraktivitas dengan nya...
Adulthood
16 Oct 2019

Obat Jitu Sembuhkan Perdarahan Menstruasi Berat

Finally, ada harapan baru buat para perempuan yang sering mengalami perdarahan menstruasi berat nih,...
Adulthood
09 Dec 2019

4 Alasan Harus Pakai Pantyliner

Kalau dikasih surprise, pasti kamu senang banget kan? Misalnya, hadiah yang dikasih tiba-tiba sama s...