5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi
ask dr laurier

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

05 Sep 2019

5 Faktor yang Pengaruhi Kesehatan Reproduksi

Girls, ternyata menjaga kesehatan reproduksi itu penting banget lho! Apalagi buat kamu yang lagi merencanakan kehamilan dengan pasanganmu. Sistem reproduksi yang sehat, sebenarnya berhubungan langsung sama kesehatan secara keseluruhan. Diketahui ada beberapa faktor eksternal yang secara langsung memengaruhi kesehatan reproduksi. Apa aja sih?

  • Konsumsi makanan sehat

Hindari jenis fast food, makanan yang memakai perasa dan pewarna buatan. Semua unsur itu bisa memengaruhi kesuburanmu, Girls. Mengonsumsi makanan segar lebih baik daripada jenis makanan siap saji. Kalau untuk snack, lebih baik kamu mengonsumsi buah-buahan dan kacang, daripada cokelat.

  • Berhenti merokok

Kebiasaan ini bisa berdampak langsung pada sistem reproduksi, baik perempuan ataupun laki-laki. Merokok menyebabkan arteri jadi tersumbat, yang memicu terjadinya gangguan disfungsi ereksi pada laki-laki.

  • Menghindari alkohol

Ini adalah langkah yang sangat penting, karena unsur ini secara langsung mengganggu kerja hypothalamus, kelenjar pituitary, ovarium dan testis. Alkohol bisa menurunkan kadar testosteron di dalam darah.

  • Berat tubuh seimbang

Bobot tubuh berlebih diketahui bisa memengaruhi keseimbangan kadar hormon dan mengganggu kesehatan reproduksi. Berolahraga secara rutin akan membantu menjaga kesehatan reproduksimu. Kebiasaan berolahraga ini akan mengatasi gangguan kesehatan yang berhubungan sama kelebihan berat badan, baik pada perempuan ataupun laki-laki.

  • Hindari paparan berbahaya

Radiasi, bahan kimia dan suhu yang tinggi adalah pemicu kebanyakan kasus infertilitas pada laki-laki. Hindari paparan dari unsur-unsur itu, supaya kesehatan reproduksimu tetap terjaga dengan baik.

Wah, ternyata menjaga kesehatan reproduksi itu simple banget ya, Girls? Keberhasilan pembuahan tergantung banget sama kondisi kesehatan reproduksimu dan pasanganmu. Jadi, nggak cuma satu pihak aja ya! Sekarang udah saatnya kamu dan pasangan saling mendukung supaya tetap sehat, dengan melakukan kelima cara di atas, sehingga peluang pembuahan bisa meningkat.

Jangan lupa share info ini ke teman-temanmu yang lain ya, supaya mereka tau cara menjaga kesehatan reproduksinya!

Related Articles
Adulthood
11 Jan 2021

Apakah Telat Datang Bulan yang Kualami Gara-Gara PCOS?

Siklus menstruasi yang tidak teratur atau telat datang bulan biasa terjadi akibat faktor keturunan a...
Adulthood
22 May 2019

Apa Hubungannya Keteraturan Menstruasi Sama Kesuburan?

        Fyi nih Girls, kalau umur kamu masih di bawah 20 tah...
Adulthood
29 May 2019

Anti “Tembus” Saat Menstruasi

Salah satu hal yang dicemaskan saat menstruasi adalah, tembus pas lagi seru-serunya beraktivitas. Be...