5 Faktor Pengganggu Kesuburan
ask dr laurier

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

26 Sep 2019

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

Girls, kamu tau nggak kalau tingkat kesuburan itu penting banget? Karena dengan hal itu peluang kamu untuk hamil dan punya anak bakal terbuka lebar. Sayangnya, tingkat kesuburan ini nggak selamanya berada dalam kondisi yang bagus. Ada banyak faktor yang memengaruhi. Misalnya, kalau kamu menjalani gaya hidup yang buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol justru bisa menurunkan tingkat kesuburanmu. Selain hal itu, masih ada lima faktor yang bisa mengganggu kesuburanmu nih. Apa aja sih?

  • Usia

Usia adalah faktor penting dalam tingkat kesuburan. Karena seiring bertambahnya usia, maka kualitas dan kuantitas sel telur di dalam indung telurmu akan menurun. Hal ini bisa menurunkan tingkat pembuahan, dan juga bisa meningkatkan risiko keguguran. So, jangan lupa cek tingkat kesuburanmu saat usiamu udah di atas kepala tiga ya!

  • Merokok

Nggak cuma berbahaya bagi paru-paru, merokok juga bisa merusak leher rahim dan tuba fallopi lho! Kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan di luar kandungan. Rokok juga bisa merusak ovarium dan menyebabkan pelepasan sel telur prematur, atau sel telur yang belum matang saat keluar dari ovarium. Kondisi ini akan memperkecil kesempatan pembuahan, karena sel telur nggak siap untuk dibuahi. Kamu yang merokok, mulai kurangi dan berhenti dari kebiasaan itu yuk!

  • Berat badan

Kalau kamu masuk kategori kelebihan atau kekurangan berat badan, sepertinya kamu harus hati-hati nih. Kondisi ini bisa mengganggu proses pematangan sel telur dan mencegah terjadinya masa subur, karena nggak ada sel telur matang yang siap dibuahi, sehingga nggak mungkin terjadi kehamilan. Kamu bisa lakukan diet sehat dan mengonsumsi makanan yang bergizi mulai dari sekarang, untuk mengontrol berat badanmu, supaya bisa mempermudah proses kehamilan.

  • Alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa menyebabkan gangguan masa subur dan kondisi endometriosis. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa mengganggu siklus mensturasi dan menyebabkan kista yang menghambat kehamilan. Kalau kamu peminum berat, kebiasaan ini bisa membuat menopouse datang lebih cepat dan risiko keguguran saat hamil juga bakal lebih besar. So, mulai kurangi dan hentikan kebiasaan ini ya, karena dampaknya nggak baik buat tubuh dan kesuburanmu, Girls!

  • Kegiatan seks yang nggak aman

Kegiatan seks yang nggak aman bisa menyebabkan infeksi seksual menular seperti chlamydia dan gonorrhea yang bisa menyebabkan kerusakan tuba fallopi dan membuat kehamilan sulit terjadi. Makanya, disarankan banget supaya nggak melakukan hubungan seksual yang nggak aman, demi menghindari infeksi seksual menular ini.

Kalau kamu dan pasanganmu lagi merencanakan kehamilan, lebih baik jauhi faktor-faktor di atas ya! Pastikan pola hidupmu sehat, supaya kamu juga bisa mendapatkan kehamilan yang sehat buatmu dan janin yang dikandung. Stay healthy, Girls!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga bisa baca info ini!

Related Articles
Adulthood
18 Jul 2019

Hati-Hati, Si Ruam yang Suka Bikin Gatal!

Selalu diserang rasa gatal di area vagina saat menstruasi? Jangan buru-buru salahkan pembalut, Girls...
Adulthood
09 Jun 2021

5 Jenis Gangguan Menstruasi yang Perlu Kamu Tahu

Hai girls, pernah gak sih kamu mengalami gangguan menstruasi? Selain mengganggu aktivitas sehari-har...
Adulthood
15 Mar 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Udah Memasuki Periode Ovulasi atau Belum?

Kapan sih, aku mulai memasuki periode ovulasi belum ya? Nah, dibanding kamu pusing memikirkannya, le...