ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Senjata Melawan Lelah Akibat Endometriosis

4 Senjata Melawan Lelah Akibat Endometriosis

14 Oct 2019

4 Senjata Melawan Lelah Akibat Endometriosis

Setiap kali menstruasi, penderita endometriosis biasanya akan mengalami nyeri perut yang nggak tertahankan. Tapi nggak cuma itu aja, ada juga gejala lain yang menyertai kondisi ini, yaitu kelelahan. Endometriosis bisa menyebabkan kelelahan akut dan cenderung mengganggu kualitas hidup pengidapnya. Sayangnya, gejala ini cenderung terlewat dari pengamatan dokter, dan nggak ditangani secara serius. Duh….gawat nih!

Sebenarnya lelah cuma gejala utama yang menandakan kalau tubuhmu lagi “berperang” melawan gangguan kesehatan yang dialami. Lelah adalah sistem alami tubuh yang membuatmu stop beraktivitas dan beristirahat, sehingga tubuh bisa mengumpulkan energi untuk memenangkan “perang” tersebut. Biasanya tidur jadi cara paling umum yang dipilih para penderita endometriosis untuk mengatasi kelelahan mereka. Tapi, sebenarnya masih ada cara-cara lain yang bisa dilakukan lho! Apa aja ya?

  • Mengonsumsi air

Sel-sel tubuh yang tercukupi kebutuhan cairannya, cenderung lebih segar sehingga tubuh nggak gampang lelah.

  • Relaksasi

Salah satu pemicu kelelahan adalah proses menahan sakit yang berlangsung lama. Sangat disarankan supaya penderita melakukan hobi yang menyenangkan, membuat fokus perhatian teralihkan sehingga tubuh terasa lebih relaks.

  • Berolahraga

Tubuh sebenarnya punya mekanisme alami melawan rasa sakit dengan melepaskan hormon endorfin. Jenis hormon ini cuma diproduksi optimal kalau kamu berolahraga. Jadi, sebaiknya tetap rajin berolahraga, supaya tubuhmu lebih tahan terhadap kelelahan.

  • Makanan

Energi dan kekebalan tubuh cenderung meningkat kalau kamu mengonsumsi makanan yang tepat. Hasilnya, tubuhmu pasti nggak bakal gampang lelah. Jenis makanan yang disarankan adalah serat dari sayuran hijau dan kacang-kacangan, serta protein dari ikan.

Gampang banget kan, Girls? Kalau kamu rajin melakukan keempat cara di atas, maka tubuhmu akan lebih siap menahan nyeri, sehingga nggak gampang merasa lelah. Semua cara itu juga bisa kamu lakukan pas kondisi tubuhmu lagi lelah karena mengalami menstruasi berat lho! Let’s try it, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, terutama mereka yang menderita endometriosis, supaya mereka bisa mengatasinya rasa lelahnya!

Related Articles

Adulthood
17 Jun 2019

Ternyata Menstruasi Bisa Memengaruhi Perilakumu, lho!

Girls, ternyata kalau kamu peka, kamu bisa tau loh, saat-saat tertentu pas kamu berubah jadi lebih s...
Adulthood
29 Jul 2019

Kenalan Sama Pap Smear yuk!

Girls, kamu pernah dengar tentang Pap smear nggak? Pap smear adalah tes yang dilakukan untuk mendete...
Adulthood
29 Oct 2019

Nyaman Berolahraga Berkat Pantyliner

Pas lagi berolahraga, tubuh pasti menghasilkan keringat kan? Nah, proses pengeluaran keringat ini te...