4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

01 Aug 2019

4 Masalah Menstruasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami

Girls, jangan pernah anggap sepele kalau kamu mengalami masalah menstruasi yang membuatmu tersiksa ya! Apalagi sampai bikin kamu nggak bisa beraktivitas seperti biasa. Karena sebenarnya menstruasi itu tanda kalau tubuhmu sehat. Jadi, seharusnya menstruasi itu nggak mengganggu keseharianmu sama sekali. So, kalau misalnya kamu mengalami menstruasi yang nggak wajar seperti di bawah ini, sebaiknya langsung kasih tau mama, dan minta diantar ke dokter ya.

  • Menstruasi berlangsung sangat lama atau berulang terlalu sering

Seharusnya menstruasi paling lama cuma berlangsung 10 hari. Kalau berlangsung lebih dari 10 hari, itu artinya kondisimu nggak wajar, Girls. Atau, kalau kamu mengalami menstruasi berulang lebih sering dari dua minggu, itu juga termasuk nggak wajar. Kedua kondisi ini menyebabkan tubuh kehilangan banyak darah, dan bisa memicu kondisi anemia (kurang darah). Akibatnya tubuh jadi gampang capek dan sering merasa lemas. Hmm…..kalau begini jadi nggak bisa beraktivitas kan, Girls.

  • Menstruasi disertai nyeri luar biasa

Saat menstruasi, otot perut bakal berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kondisi ini nggak cuma bikin otot di organ reproduksimu menegang, tapi juga memengaruhi otot-otot lain di dalam rongga perut. Kondisi ini bisa memicu ketegangan otot dan menyebabkan nyeri. Tapi, kalau ada radang atau gangguan lain di dalam rongga perut, nyeri itu bakal terasa berkali-kali lipat, dan bikin kamu sampai nggak bisa bangun. Saat memeriksakan diri ke dokter, pemicu nyeri hebat ini bisa ditentukan, dan dokter bakal memberikanmu obat sampai merasa lebih nyaman.

Selain kedua tanda tersebut, masih ada hal lain yang perlu kamu kamu antisipasi lho, Girls! Apa aja ya?

  • Belum mengalami menstruasi di usia 18 tahun
  • Menstruasi nggak datang lagi, atau nggak terjadi secara teratur setelah beberapa saat berlangsung teratur. Ini bisa jadi tanda kalau kondisi hormonmu nggak seimbang atau masalah gizi yang nggak seimbang.

Setelah diperiksakan ke dokter, bisa jadi berbagai gangguan menstruasimu itu bukan pertanda apa-apa lho. So, kamu nggak perlu terlalu cemas, Girls! Tapi ingat, kamu tetap harus memerhatikan tubuhmu ya! Supaya kamu bisa langsung mendapatkan pertolongan, kalau terjadi suatu masalah, dan bisa kembali beraktivitas.

Dari empat masalah di atas, ada yang pernah kamu alami nggak, Girls? Ceritakan di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga untuk share info ini ke teman-teman cewekmu ya, biar mereka bisa lebih aware sama menstruasi yang dialaminya!

Related Articles

Adulthood
22 Jul 2019

Rahasia Supaya Tetap Aktif Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek pasti mengeluh mager pas lagi menstruasi. Kamu salah satunya bukan, Girls? Kamu sad...
Adulthood
17 Oct 2019

Hah? Kenapa Suaraku Tiba-tiba Berubah?

Kamu sadar nggak sih, Girls, kalau saat menstruasi suaramu bakalan berubah? Kenapa bisa begitu ya? H...
Adulthood
06 Dec 2019

Darah Menstruasiku Normal Nggak sih?

Kualitas darah menstruasi yang berbeda dalam satu periode menstruasi, antara darah segar sampai berw...