ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

29 May 2019

4 Manfaat yang Bisa Kamu Dapet Kalau Rajin ke Ginekolog! Apa Aja?

Untuk kebanyakan orang, konsultasi ke Ginekolog (dokter ahli kandungan) cuma dilakukan buat memeriksa kehamilan atau saat ada masalah kandungan. Tapi kamu tau nggak? Rutin ke Ginekolog sangat disarankan untuk setiap cewek setelah masuk ke usia produktif – di atas usia 18 tahun, agar dokter ahli kandungan bisa menemukan gangguan kesehatan pada seorang cewek sedini mungkin. Berikut ini yang bakal dilakuin sama ginekolog untuk kesehatan kamu:

  1. Mengenali infeksi secara tepat

Seorang ginekolog bisa langsung memastikan kesehatan organ reproduksi dari gangguan infeksi penyakit seksual menular. Tau nggak kamu, kalau seseorang bisa kena infeksi sekalipun belum pernah ngelakuin hubungan seks? Hanya dengan memerhatikan gejala cairan vagina, dokter bisa mengenali infeksi dan ngasih obat ke kamu untuk mengatasinya.

  1. Mengatasi berbagai gangguan menstruasi

Beda dari dokter umum, ginekolog bisa ngasih obat yang tepat untuk setiap gangguan menstruasi. Misalnya nih, obat kram perut gara-gara rasa nyeri yang parah, beda sama obat migrain yang juga disebabkan karena menstruasi.

  1. Memastikan kesehatan payudara

Kunjungan rutin ke ginekolog bisa ngebantu untuk mendeteksi perubahan yang mungkin terjadi pada payudara. Deteksi yang dilakukan di awal bisa menyelamatkan cewek dari kehilangan kesempatan hidup karena kanker payudara.

  1. Menyarankan tes rutin

Seorang ginekolog akan selalu ngingetin pasiennya untuk ngelakuin berbagai tes rutin sesuai dengan jadwalnya. Jadi, kondisi kesehatan kita juga bakalan tetap terjaga karena nggak ada pemeriksaan yang kelewat.

Nah, kamu udah punya ginekolog yang bisa diajak konsultasi belum? Kalau belum, jangan ragu untuk cari ginekolog yang sesuai dengan kamu supaya nggak ngerasa awkward pas konsultasi!

Related Articles

Adulthood
05 Sep 2019

Awas Rugi Kena Infeksi Ragi!

Kamu udah tau belum, Girls, kalau infeksi ragi termasuk sebagai infeksi yang umum banget dialami sam...
Adulthood
30 May 2022

Girls, Ini Loh Dampaknya Kalau Melakukan Early Sex

“Seks” masih banyak orang yang menganggap hal ini tabu untuk dibicarakan. Apalagi orang ...
Adulthood
15 Mar 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Udah Memasuki Periode Ovulasi atau Belum?

Kapan sih, aku mulai memasuki periode ovulasi belum ya? Nah, dibanding kamu pusing memikirkannya, le...