4 Kondisi Kulit yang Biasanya Terjadi Saat Kamu Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Kondisi Kulit yang Biasanya Terjadi Saat Kamu Menstruasi!

4 Kondisi Kulit yang Biasanya Terjadi Saat Kamu Menstruasi!

27 May 2019

 4 Kondisi Kulit yang Biasanya Terjadi Saat Kamu Menstruasi!

Siapa yang kalau mau atau saat menstruasi jadi jerawatan dan timbul masalah kulit wajah lainnya? Sebenarnya kondisi seperti ini wajar kamu alami karena saat menjelang dan selama menstruasi nggak cuma bikin rasa nyeri dan nggak nyaman di sekitar perut aja, lho. Tapi juga bisa memengaruhi kesehatan kulit kamu. Akibatnya, kamu bakal mengalami gangguan kulit dan yang paling umum, apalagi kalau bukan, jerawat! Supaya kamu lebih tau tentang kondisi kulit pas menstruasi, yuk pahami beberapa kondisi berikut:

  • Produksi minyak kulit meningkat

Selama 14 hari terakhir siklus reproduksi, seorang perempuan bakalan mengalami perubahan naik turunnya kadar hormon. Kadar estrogen sangat rendah, sebaliknya kadar androgen bakalan meningkat. Kondisi ini membuat produksi minyak kulit jadi lebih banyak dibanding biasanya, dan bikin pori-pori kamu tersumbat plus muncul jerawat. Kalau hal ini kamu alami, jangan pernah pencet jerawat kamu, karena malah bikin kulit kamu jadi rusak permanen dan memicu infeksi lanjutan. Kamu cukup rajin bersihin wajah secara teratur tiap abis beraktivitas atau pas kamu udah sampe rumah. Kulit wajah yang bersih bisa menurunkan risiko infeksi bakteri dan ngebantu kulit untuk ngejaga kelembapannya.

  • Pori-pori membesar

Kadar hormon progesteron dan testosteron yang tinggi saat satu minggu sebelum menstruasi bisa bikin pori-pori tersumbat sama sebum dan sel kulit mati, jadi pori-pori kamu bakalan keliatan membesar. Pada masa ini, bener-bener disaranin supaya kamu ngebersihin kulit secara teratur pake cairan pembersih yang bisa mengangkat seluruh kotoran dan ngebebasin pori-pori dari sumbatan.

  • Kulit kering

Pas menstruasi, kadar hormon estrogen didalam tubuh jadi rendah banget dan kondisi ini bikin kulit jadi bener-bener kering. Pelembap yang bahan dasarnya air bakalan kamu butuhin banget dan sebaiknya langsung kamu pake setiap abis mandi, atau tiap kali abis ngebersihin wajah.

  • Makin sensitif terhadap sinar matahari

Dari artikel yang diterbitkan di jurnal ahli bedah kosmetik, dijelasin kalau hormon-hormon yang bikin pori-pori tersumbat juga bisa bikin kulit jadi memerah dan sensitif sama sinar matahari. Nah, makanya disaranin banget untuk nggak lupa untuk pake SPF (Sun Protection Factor) – zat pelindung sinar matahari – saat menjelang dan berlangsungnya menstruasi.

Nah! Untuk mengurangi masalah kulit wajah yang kamu alami di masa menstruasi, makanya jangan lupa untuk langsung ngebersihin kulit tiap selesai beraktivitas. Supaya minyak dan kotoran yang nempel di permukaan kulit bisa terangkat, jadi kulit dan pori-pori kamu bisa bersih deh!

Related Articles

Adulthood
30 Oct 2019

Pakai Pantyliner Tiap Hari, Boleh kok!

Kamu pernah dengar kabar kalau pantyliner nggak boleh dipakai setiap hari karena akan menyebabkan ga...
Adulthood
06 Sep 2019

Macam-macam Kondisi Menstruasi yang Nggak Teratur

Setelah melewati akhir usia 20 tahun, seorang perempuan harusnya udah mengalami siklus menstruasi ya...
Adulthood
29 Jun 2019

Vitamin D Bisa Membantu Penderita PCOS Untuk Hamil

Girls, kamu pasti udah tau tentang PCOS, kan? Ternyata vitamin D mungkin berperan penting untuk memb...