4 Gangguan Kulit yang Kamu Alami Saat Menstruasi
ask dr laurier

4 Gangguan Kulit yang Kamu Alami Saat Menstruasi

4 Gangguan Kulit yang Kamu Alami Saat Menstruasi

26 Jun 2019

4 Gangguan Kulit yang Kamu Alami Saat Menstruasi

Kamu sadar nggak sih, Girls, pas menjelang dan lagi menstruasi, kamu nggak cuma merasa nyeri atau moody aja? Ternyata kamu juga mengalami perubahan pada kulit, lho. Masa, sih? Kira-kira apa aja ya, perubahannya?

  • Produksi minyak kulit meningkat

Saat kadar estrogen relatif rendah dan androgen sangat tinggi, maka produksi kelenjar minyak di bawah kulit bakal meningkat. Biasanya ini terjadi selama 14 hari siklus reproduksi, mulai dari menjelang sampai menstruasi berakhir. Kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori jadi tersumbat dan memicu jerawat. Kamu jangan pernah memencet jerawatmu ya, Girls! Karena ini bisa menimbulkan bekas dan memicu infeksi. Cara yang tepat mengatasinya adalah menggunakan pembersih wajah yang mengandung anti inflamasi ber-pH rendah. Jenis pembersih ini bakal mematikan bakteri dan menjaga kelembapan kulitmu.

  • Pori-pori membesar

Seminggu sebelum menstruasi, produksi progesteron dan testosteron dalam tubuhmu bakal meningkat, yang menyebabkan pori-porimu jadi tertutup sama sebum dan terlihat lebih besar. Kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid supaya membantu membersihkan pori-porimu yang tertutup.

  • Kering

Pas lagi menstruasi, biasanya kadar estrogen dalam tubuhmu cenderung rendah. Kondisi ini bakal menyebabkan kulitmu jadi mengering. Sebaiknya, kamu memakai pelembap kulit secara teratur untuk mengatasi masalah ini.

  • Sensitif terhadap sinar matahari

Hormon yang menyebabkan pori-pori tersumbat bakal bereaksi dan membuat kulitmu jadi kemerahan pas terkena sinar matahari. Hal ini menandakan kalau kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari saat menjelang dan selama menstruasi. Sebaiknya, kamu jangan lupa menggunakan sun screen biar kesehatan kulitmu tetap terjaga.

Mungkin sekarang kamu baru sadar ya, Girls, kalau pas menjelang dan lagi menstruasi ternyata kondisi kulit juga bisa berubah. So, selalu perhatikan kondisi kulitmu dan jangan males untuk melakukan perawatan supaya kulit tetap terlihat sehat dan cantik!

Kamu sering melakukan perawatan untuk kulitmu pas lagi menstruasi nggak? Coba ceritakan di kolom komentar, yuk! Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles
Adulthood
20 Jun 2019

Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?

Girls, tubuh yang aktif banget bergerak ternyata cenderung kehilangan banyak lemak dan unsur nutrisi...
Adulthood
19 May 2021

Mengulik Fakta Berhubungan Seks Setelah Menstruasi. Tetap Bisa Hamil?

Seperti yang sudah kamu tahu, menstruasi adalah proses normal yang setiap bulannya dirasakan oleh ka...
Adulthood
29 Jul 2019

Perekat di Pembalut Bisa Memicu Keputihan? Masa sih?

Fungsi dari perekat yang ada di bagian bawah pembalut adalah untuk merekatkan pembalut dengan celana...