ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Cara untuk Memastikan Masa Suburmu!

4 Cara untuk Memastikan Masa Suburmu!

21 Jun 2019

4 Cara untuk Memastikan Masa Suburmu!

Pas kamu sama pasanganmu lagi merencanakan kehamilan, kamu harus punya pengetahuan yang banyak lho, tentang masa subur! Kira-kira kamu udah tau banyak belum, nih? Masa subur atau dalam istilah medis disebut masa ovulasi, adalah saat indung telur melepaskan sel telur yang siap untuk dibuahi. Aktivitas seksual yang dilakukan pada masa subur bakalan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan masa subur, di antaranya:

  • Alat uji instan

Ini adalah cara paling praktis untuk memastikan masa subur. Alat ini bisa dibeli di apotek dan gampang buat kamu pake sendiri. Cara pakenya mirip banget sama alat uji kehamilan instan, yaitu menggunakan urine pertama di pagi hari. Hasil pengujian bakalan keliatan jelas berupa perubahan warna atau lambang, sesuai yang ada di setiap alat. Pastikan kamu melakukan tes sesuai anjuran pada kemasan supaya hasilnya akurat.

  • Temperatur basa tubuh

Metode ini mengharuskan kamu mencatat perubahan suhu tubuh dari waktu ke waktu. Dengan memakai termometer anal, setiap pagi suhu tubuh harus diukur. Kalau ditemukan bahwa suhu tubuh tiba-tiba menurun dan kemudian meningkat setengah derajat, kenaikan suhu tubuh yang cuma setengah derajat itu akan berlangsung selama 3 hari, dan ini adalah masa ovulasi kamu.

  • Mengamati cairan vagina

Ini termasuk metode yang paling gampang, tapi dibutuhkan ketelitian. Kalau diperhatikan, pas selesai menstruasi, bakal ada beberapa hari ketika vagina terasa kering dan cuma ada sedikit lendir berwarna putih keruh. Abis itu, tubuh akan memproduksi cairan vagina dalam jumlah relatif banyak sebagai respons terhadap komposisi kadar hormon yang berubah. Cairan yang diproduksi biasanya bening dan agak lengket, sehingga membentuk benang panjang kalau ditarik. Pada saat inilah sebenarnya masa subur kamu lagi berlangsung.

  • Ultrasound Scan

Cara lain buat memastikan masa subur adalah dengan melakukan pemindaian ultrasonografi. Alat ini bisa dengan tepat memastikan kapan terjadinya pelepasan sel telur dari indung telur. Metode ini bener-bener akurat, karena biayanya juga relatif mahal.

Kalau kamu lagi merencanakan kehamilan, sebaiknya segera pilih salah satu dari metode ini, supaya kamu bisa menggunakan masa suburmu secara optimal.

Share juga artikel ini ke temen-temen deket kamu, yuk! Biar mereka bisa memastikan masa suburnya juga dengan baik!

Related Articles

Adulthood
26 Sep 2019

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

Girls, kamu tau nggak kalau tingkat kesuburan itu penting banget? Karena dengan hal itu peluang kamu...
Adulthood
11 Jul 2019

Hati-hati Sama “Si Putih”

Girls, setiap periode tertentu pasti kamu mengalami menstruasi, dan nyaris setiap hari mengalami kep...
Adulthood
14 Oct 2019

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Bisa Hamil Nggak, ya?

“Bisa nggak ya, seorang cewek hamil kalau melakukan hubungan seks pas lagi menstruasi?” ...