4 Cara Supaya Nggak Jerawatan Setelah Dewasa
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Cara Supaya Nggak Jerawatan Setelah Dewasa

4 Cara Supaya Nggak Jerawatan Setelah Dewasa

02 Jul 2019

4 Cara Supaya Nggak Jerawatan Setelah Dewasa

Pas menjelang atau lagi menstruasi biasanya wajahmu jadi muncul banyak jerawat, benar nggak, Girls? Pada kebanyakan cewek, serangan jerawat ini bakal berakhir setelah melewati usia akhir 20-an. Tapi masih ada juga lho, cewek yang mengalami jerawat di usia dewasa. Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Women's Health tahun 2012 menjelaskan fakta bahwa hampir setengah dari cewek berusia 21 – 30, seperempat cewek berusia 31 – 40, dan 12% cewek berusia 41 – 50 tahun, masih mengalami masalah jerawat. Kok bisa ya?

Bagi kebanyakan cewek, perubahan hormonal sepanjang siklus reproduksi adalah pemicunya. Tapi, pola makan yang buruk dan stres juga bisa jadi pemicu, lho! Dalam buku The Encyclopedia of Natural Medicine yang ditulis oleh Michael Murray, ND seorang ahli naturopati terkenal, menjelaskan, “Jerawat pada orang dewasa adalah alarm tubuh yang menandakan terjadi sesuatu yang tidak benar dengan tubuh kita.”

Kalau kamu masih mengalami serangan jerawat di usia dewasa, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

  • Jangan terlalu banyak makan karbohidrat olahan

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Australia di tahun 2007 menemukan bahwa responden dewasa yang menjalani diet indeks glikemik rendah (GI) atau diet rendah karbohidrat olahan, seperti roti putih, mengalami penurunan jerawat sebanyak 22%, dibanding responden yang mengonsumsi makanan dengan GI tinggi. Para ilmuwan menduga bahwa peningkatan kadar insulin dalam darah setelah tubuh mengolah karbohidrat bisa memicu produksi hormon yang meningkatkan produksi minyak.

  • Mengurangi makanan olahan susu

Sebuah penelitian yang dilansir para peneliti dari Harvard University di tahun 2006 menyatakan bahwa cewek yang mengonsumsi dua gelas susu low fat atau lebih dalam sehari, berpotensi 20% lebih mungkin mengalami serangan jerawat dibanding cewek yang cuma mengonsumsi satu gelas susu dalam seminggu. Kenapa? Susu low fat ternyata mengandung gula 10% lebih banyak dibanding produk susu full cream.

  • Mengurangi garam

Para ahli kesehatan kulit menduga kalau yodium yang ada pada garam dan seafood sebenarnya bisa memicu terjadinya jerawat. Makanya disarankan untuk mengurangi konsumsi garam, salah satunya dengan membatasi makanan dalam kemasan yang sebenarnya mengandung banyak garam. Sebaiknya kamu mengonsumsi garam nggak lebih dari 1.500 mg per hari.

  • Kendalikan stress

Para peneliti belum menemukan kenapa ketegangan bisa menyebabkan munculnya jerawat, tapi diperkirakan kortisol yang diproduksi pas lagi stres bisa memicu pembengkakan dan membuat kelenjar minyak jadi bekerja lebih keras. Dalam banyak kasus, mengelola stres termasuk dengan cara berolahraga, meditasi, atau metode apapun, ternyata bisa membantu menenangkan saraf dan membuat kulit jadi terlihat lebih indah.

Sebenarnya kamu nggak bisa menyalahkan hormon-hormon reproduksi yang bekerja aktif sepanjang hidupmu, karena banyaknya jerawat yang muncul. Tapi senggaknya kamu bisa mengendalikannya dengan melakukan empat hal di atas, supaya jerawat nggak lagi mampir ke wajahmu. So, kamu nggak perlu takut jerawatan lagi deh, tiap menjelang atau pas lagi menstruasi!

Kamu punya cara lain supaya wajahmu nggak gampang jerawatan? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa juga share info ini ke teman-temanmu ya, biar mereka bisa terbebas dari jerawat!

Related Articles

Adulthood
29 May 2019

Rajin Ganti Pembalut, Tapi kok Masih Gatal?

Pembalut sering banget “dituduh” sama cewek kalau lagi gatal-gatal di area vagina pas me...
Adulthood
23 Sep 2019

Mataku Minus atau….?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau matamu juga bakal bereaksi saat terjadi perubahan kadar hormon menj...
Adulthood
23 Sep 2019

Nutrisi Tepat Bikin Semangat

Fyi nih, Girls, kadar hormon yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi ternyata bisa memengaruhi...