ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips yang Bikin Kamu Tetap Fokus Menjelang Menstruasi!

3 Tips yang Bikin Kamu Tetap Fokus Menjelang Menstruasi!

29 May 2019

3 Tips yang Bikin Kamu Tetap Fokus Menjelang Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami susah fokus sampai-sampai kamu lupa sama pelajaran yang baru aja dibaca beberapa menit lalu? Tenang aja, kamu nggak sendirian kok! Susah fokus atau gangguan konsentrasi emang tercatat sebagai salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS, yang jarang disadari karena nggak mengganggu secara fisik. Sebenarnya, kalau kamu jeli, maka kamu bisa menyadari bahwa nggak lama setelah mengalami susah konsentrasi, pasti kamu bakalan menstruasi. Kok bisa, ya?

Jadi begini Girls, dua minggu menjelang hari pertama menstruasi, kadar progesteron di dalam tubuh bakal meningkat. Hal ini membuat jumlah serotonin, yaitu zat pembawa pesan di otak jadi nggak sebanding sama kadarnya progesteron itu. Akibatnya, pesan ke otak jadi lambat, daya ingat jadi nggak setajam biasanya, dan kemampuan konsentrasi juga menurun. Simple-nya sih, kamu jadi susah fokus, deh.

Kondisi ini adalah bagian dari proses alamiah yang terjadi di dalam tubuhmu, Girls. So, kamu tenang aja ya! Tapiiii, biar aktivitasmu jadi nggak kacau, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya mengurangi susah fokus ini, di antaranya:

  • Cukup tidur

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau otak bakal beristirahat dan menyegarkan diri pas kamu lagi tidur. Jadi kalau waktu tidurmu cukup, maka otak juga bisa bekerja dengan baik. Seenggaknya, walaupun kerja serotonin melambat, otakmu bakal tetap bekerja optimal dan nggak terlalu mengganggu konsentrasi juga daya ingatmu.

  • Buat catatan

Kalau kamu punya catatan, maka otakmu nggak perlu kerja terlalu keras untuk mengingat banyak hal sekaligus. Jadi, otak bisa dioptimalkan untuk fokus dan berkonsentrasi sama hal-hal yang penting aja.

  • Konsumsi protein

Sebaiknya, kamu meningkatkan asupan protein pas menjelang menstruasi. Protein adalah jenis nutrisi yang dibutuhkan banget sama otak, jadi kamu perlu mencukupinya, apalagi kalau kamu membutuhkan otak untuk bekerja dengan baik. Makanan yang mengandung protein adalah daging merah, susu, makanan hasil olahan susu, dan kacang-kacangan.

So, Girls, kamu nggak perlu cemas lagi deh, kalau kamu udah melakukan tips-tips di atas. Tapi, kalau kamu masih susah fokus juga, coba deh istirahat sebentar, terus lakukan stretching biar otak mu kembali segar, jadi bisa diajak buat belajar lagi.

Kamu punya tips lain supaya nggak susah fokus? Boleh kok, tulis di kolom komentar! Jangan lupa juga buat share info ini ke teman-teman mu ya!

Related Articles

Adulthood
28 Jun 2021

Mau Turunin Berat Badan? Ini 5 Diet yang Bisa Kamu Coba

Kamu lagi diet? Wah, tetap semangat ya! Eh, diet memang penuh perjuangan sih apalagi di tengah godaa...
Adulthood
09 Aug 2019

Jangan Diet dan Olahraga Berlebihan Pas Lagi Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, sebenarnya siklus menstruasi itu bakal teratur dengan sendirinya kalau um...
Adulthood
02 Jul 2019

4 Cara Supaya Nggak Jerawatan Setelah Dewasa

Pas menjelang atau lagi menstruasi biasanya wajahmu jadi muncul banyak jerawat, benar nggak, Girls? ...