ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips Supaya Nggak Ngantuk Saat PMS!

3 Tips Supaya Nggak Ngantuk Saat PMS!

03 Dec 2019

3 Tips Supaya Nggak Ngantuk Saat PMS!

Kamu pernah mengalami susah tidur pas menjelang menstruasi nggak, Girls? Ternyata itu salah satu bentuk PMS lho. Hal ini disebabkan karena turunnya kadar melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidurmu. Penurunan kadar melatonin ini disebabkan oleh reaksi terhadap naik turunnya kadar estrogen dan progesteron yang sangat aktif menjelang dan selama menstruasi.

Kalau kamu kurang tidur pas malam hari, maka besoknya aktivitasmu malah terganggu, Girls. Nah, supaya kamu bisa tetap beraktivitas seperti biasa, coba lakukan beberapa hal berikut yuk!

  • Sarapan menu kaya protein dan serat. Misalnya, telur setengah matang, sereal dan susu adalah contoh kombinasi yang tepat.
  • Kalau kamu udah mulai merasa ngantuk di siang hari, coba pergi ke luar ruangan. Cari area yang kena sinar matahari, dan berjalan-jalanlah di bawah sinar itu sekitar 10 menit untuk “membangunkan” tubuh.
  • Kalau ngantuknya nggak bisa ditahan, cuci muka adalah cara yang paling tepat. Pijat area wajah, mulai dari area dahi lalu turun ke dagu. Kulit wajah nantinya bakal terasa panas karena sirkulasi menjadi lancar.

Pas aktivitasmu udah selesai hari itu, langsung beristirahat ya, Girls! Supaya tubuhmu bisa kembali prima untuk diajak beraktivitas lagi esok hari. Ingat ya, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu pas menstruasi!

Cara apa yang biasa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk? Tulis di kolom komentar yuk! Share juga artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
16 Jul 2019

Berani Bilang “Tidak” untuk Kekerasan Seksual!

Girls, kamu harus hati-hati ya, karena berita tentang kekerasan seksual belakangan ini mulai meningk...
Adulthood
02 Dec 2019

Segudang Manfaat Vitamin B Buat Kamu yang Lagi PMS

Siapa bilang cuma makhluk hidup aja yang punya keluarga? Ternyata vitamin juga punya keluarganya sen...
Adulthood
02 Oct 2019

Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?

Girls, kamu udah tau belum sih, ternyata perempuan rata-rata mengalami siklus selama 28 hari untuk m...