ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips Supaya Berat Badanmu Nggak Bertambah Saat Menstruasi

3 Tips Supaya Berat Badanmu Nggak Bertambah Saat Menstruasi

03 Jul 2019

3 Tips Supaya Berat Badanmu Nggak Bertambah Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek mengalami peningkatan selera makan pas masa pra-menstruasi, kamu salah satunya bukan, Girls? Biasanya kamu pasti pengen makanan yang manis-manis, kan? Misalnya cokelat, biskuit, cake. Benar nggak?

Berdasarkan hasil penelitian sebuah lembaga kesehatan perempuan di Inggris, hormon yang bisa memicu peningkatan selera makan pas lagi PMS adalah serotonin. Sebenarnya serotonin adalah neurotransmitter, yaitu sejenis hormon yang bertugas mengantar pesan dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Saat kadar serotonin menurun, seperti yang sering terjadi pas lagi menstruasi, seorang cewek bakal mengalami peningkatan selera makan. Para ahli menyarankan supaya saat selera makan mulai meningkat, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan atau makanan yang berkalori rendah seperti buah kering atau kacang-kacangan.

Tapi, gimana kalau misalnya di saat yang bersamaan kamu diundang dalam acara makan bersama? Eits, jangan panik dulu, Girls! Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut supaya berat badanmu nggak bertambah:

  • Pas memesan makanan, mintalah porsi kecil atau setengah. Kalau nggak bisa, sebaiknya pisahkan bagian yang mau kamu makan, dan bagian yang nggak mau dimakan. Mungkin aja temanmu mau memakannya, atau bisa kamu bawa pulang ke rumah.
  • Sebelum memesan, ajak teman semejamu untuk sepakat berbagi makanan, supaya kamu nggak perlu menghabiskan satu porsi sendirian.
  • Jangan terpancing memesan makanan pembuka yang manis, sebaiknya pilih salad buah atau sayur.

Gimana, Girls? Nggak susah, kan? Cukup jaga porsi makanmu aja, supaya berat badanmu nggak bertambah. Yuk, coba lakukan mulai dari menstruasi bulan ini!

Kamu punya cara lain supaya berat badanmu nggak bertambah pas lagi menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Jangan lupa share info ini ke teman-teman cewekmu ya, biar mereka juga bisa menjaga berat badannya!

Related Articles

Adulthood
22 Oct 2019

Yoga Atasi Gangguan Menstruasi

Kamu pasti tau olahraga yoga kan, Girls? Kamu pernah mencobanya nggak? Atau justru rutin melakukanny...
Adulthood
22 Oct 2019

Cobain Spa Vagina yuk!

Kamu pernah dengar tentang spa vagina nggak, Girls? Selama ini, pasti kamu taunya kalau spa cuma unt...
Adulthood
06 Dec 2019

Perbedaan Sifat Cairan di Sepanjang Siklus Reproduksi

Kamu pasti udah tau kan, Girls, kalau selain menstruasi, cewek juga bisa mengalami keputihan? Nah, i...