ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Hal untuk Memastikan Menstruasimu Normal atau Nggak

3 Hal untuk Memastikan Menstruasimu Normal atau Nggak

14 Jun 2019

3 Hal untuk Memastikan Menstruasimu Normal atau Nggak

Kalau kamu udah mengalami menarche, pasti kamu bakal nunggu banget menstruasimu yang kedua. Kalau tiba-tiba nggak datang di tanggal yang sama kayak bulan sebelumnya, mungkin kamu mulai mikir, “Ini normal nggak ya?”. Nggak perlu cemas, Girls, itu wajar kok! Malah bagus banget lho, kalau kamu penasaran dan pengen tau tentang hal itu.

Sebenarnya, keteraturan siklus menstruasi pas masih remaja itu agak susah dipastikan. Hal ini karena kamu masih dalam proses pertumbuhan dan sistem reproduksimu masih belum berfungsi sempurna. Akibatnya, hormon reproduksimu belum dihasilkan secara seimbang, jadi belum bisa mengatur menstruasi biar terjadi secara teratur.

Tapi, kalau kamu pengen tau kondisi menstruasimu normal atau nggak, sebenarnya kamu bisa tau lewat tiga hal ini:

  • Aliran darah menstruasi

Menstruasi yang normal berlangsung antara 2 – 10 aja, walaupun banyak juga cewek yang mengalami menstruasi 5 – 7 hari. Tapi dengan catatan, 3 hari terakhir cuma berupa flek aja, atau darah yang keluar nggak terlalu banyak. Kalau menstruasimu berlangsung nggak kurang dari 3 hari, dan nggak lebih dari 10 hari, itu masih aman kok, Girls. Kalau berlangsung kurang atau lebih dari jumlah hari tersebut, baru deh kamu harus waspada. Buru-buru lapor ke mamamu ya, Girls, biar kamu bisa periksa ke dokter tentang kondisimu.

  • Nyeri

Nyeri yang dialami sebelum atau selama menstruasi emang kadang bikin cewek jadi nggak nyaman, tapi ini sebenarnya hal yang wajar lho, Girls. Nyeri terjadi karena adanya pengencangan otot pada rahim, supaya darah yang keluar nggak terlalu banyak. Jadi, sekalipun terasa nyeri banget, selama nyeri itu hilang pas menstruasimu selesai, kondisi ini bukan termasuk penyakit. Kamu baru perlu waspada, kalau nyeri ini berlanjut setelah menstruasimu selesai.

  • Perubahan mood

Kadar hormon yang berubah pas menjelang menstruasi bakal bikin mood kamu juga jadi gampang berubah. Sensi, sering nangis dan gampang sedih itu wajar banget kok, kamu alami. Karena ini disebut sebagai bagian dari PMS. Emosimu bakal stabil lagi kalau kamu udah selesai menstruasi. Tapi, kalau kamu tetap moody pas menstruasi udah selesai, sebaiknya kamu harus waspada dan segera konsultasi sama dokter. Kondisi ini tergolong nggak wajar, dan perlu ditangani secara tepat.

So, Girls, jangan cemas ya, kalau menstruasimu nggak teratur pas usia remaja. Kamu cukup perhatikan tiga hal di atas, karena bisa kamu jadikan sebagai patokan. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka nggak worry lagi kalau tiba-tiba menstruasinya nggak teratur!

Related Articles

Adulthood
26 Jan 2022

G-spot, Titik Rangsang Misterius yang Kamu Harus Tahu

Tahukah kamu jika salah satu cara untuk mencapai orgasme adalah dengan mengenali titik G-spot? Buat ...
Adulthood
26 Jul 2019

Menyusui Bisa Kurangi Risiko Endometriosis

Girls, kamu pernah dengar tentang endometriosis nggak sih? Endometriosis adalah gangguan reproduksi ...
Adulthood
17 Jan 2020

Mulai Usia Berapa sih, Boleh Pap Smear?

Girls, udah tau kan pap smear itu apa? Yups, pap smear adalah pemeriksaan untuk meliihat adanya sel ...